Tips Supaya Perut Tidak Kembung Setelah Makan

Apakah anda pernah merasakan perut terasa begah dan kembung? dan bagaimana rasanya?. Perut kembung merupakan salah satu masalah yang cukup mengganggu dan membuat kita merasa tidak nyaman. Biasanya, perut kembung terjadi setelah kita makan dan penyebabnya pun beragam. Beberapa penyebab perut kembung diantaranya adalah perubahan cuaca, makanan yang terkontaminasi, intoleransi terhadap makanan tertentu dan makan yang berlebihan. Lantas, bagaimana cara mencegahnya? untuk mencegah perut begah dan kembung, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Apa saja? berikut ini adalah beberapa tips supaya perut tidak kembung setelah makan. Yuk, kita simak.

  • Berikan jarak atau jeda waktu minimal selama 15 menit sesudah dan sebelum antara minuman dan makanan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terbentuknya gas penyebab perut kembung. Jadi, tunggulah 15 menit setelah makan jika ingin minum air putih.
  • Tips supaya perut tidak kembung setelah makan selanjutnya adalah berolahraga ringan sebelum sarapan atau berjalan sebentar minimal 5 menit sesudah makan.
  • Jika tubuh anda intoleran terhadap laktosa, hindarilah produk susu. Mengapa? karena produk dengan olahan susu bisa meningkatkan terbentuknya gas dan mengakibatkan perut kembung.
  • Sebelum menelan makanan, pastikan anda mengunyahnya dengan benar dan sempurna. Karena jika anda menelan makanan dengan cepat, akan meningkatkan pembentukan gas dalam perut sehingga menyebabkan perut kembung.
  • Tubuh akan mengalami retensi air jika kita terlalu banyak mengkonsumsi garam. Dan hal ini bisa mengakibatkan perut kembung. Maka dari itu untuk mencegah perut begah dan kembung, hindarilah konsumsi garam secara berlebihan.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkarbonasi dan soda bisa mengakibatkan perut kembung. Hal ini berkaitan dengan gas yang tidak dilepaskan pada minuman tersebut sehingga perut jadi begah dan tidak enak. Jadi, hindarilah konsumsi soda dan minuman berkarbonasi secara berlebihan ya.

Itulah beberapa tips supaya perut tidak kembung setelah makan. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!