Cara Untuk Mengurangi Konsumsi Lemak Yang Berlebihan

Tidak selamanya lemak itu buruk untuk tubuh. Lemak berguna untuk membantu tubuh menyerap mineral dan vitamin. Jika tidak ada lemak, maka tubuh tidak bisa menyerap nutrisi-nutrisi penting secara sempurna. Tapi sayangnya, mengkonsumsi terlalu banyak lemak juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas atau kelebihan berat badan, gagal jantung, stroke dan tersumbatnya peredaran darah. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk mengkonsumsi lemak dengan takaran yang tepat. Bagaimana caranya? selain berkonsultasi dengan dokter, untuk mendapatkan porsi lemak yang tepat bagi tubuh anda juga bisa mengurangi lemak pada makanan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi konsumsi lemak yang berlebihan.

Kurangi Pemakaian Minyak Goreng

Tahukah anda, jika penggunaan minyak goreng secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jadi sebaiknya, pastikan untuk mengukur minyak goreng yang anda butuhkan sebelum mulai memasak. Selain itu, gunakanlah wajan anti lengket untuk mengurangi penggunaan minyak goreng. Dengan wajan anti lengket, anda bisa menggoreng dengan sedikit minyak.


Kurangi Konsumsi Kuning Telur

Cara untuk mengurangi konsumsi lemak yang berlebihan selanjutnya adalah dengan mengurangi makan kuning telur. Dibalik rasanya yang gurih, ternyata kuning telur banyak mengandung lemak yang berbahaya untuk tubuh. Jadi sebaiknya gantilah kuning telur dengan putih telur untuk mendapatkan menu makan yang lebih sehat.

Kurangi Porsinya

Jika anda ingin menumis daging dan sayuran, kurangilah porsi dagingnya dan gantikan dengan sayuran sesuai dengan porsi daging yang anda kurangi. Sebagai contoh, jika anda mengurangi daging sebanyak 1/4 nya, gantilah dengan sayuran sebanyak 1/4 nya juga.

Mengatur Porsi Makan

Aturlah porsi makan anda ketika hendak makan. Ketika makan nasi goreng atau nasi uduk, usahakan jangan terlalu banyak menambahkan lauk. Dan saat makan nasi goreng, usahakan tidak menambahkan lauk yang digoreng. Karena  selain menambah lemak, menu tersebut juga akan menambah kalori.

Itulah beberapa cara untuk mengurangi konsumsi lemak yang berlebihan. Selain dengan menjaga pola makan, jangan lupa berolahraga secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!