Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Manfaat tanaman lidah buaya atau aloe vera sudah dikenal sejak zaman dahulu. Karena memang lidah buaya banyak dimanfaatkan oleh orang-orang zaman dahulu sebagai obat alami, diantaranya untuk kesehatan rambut, kulit dan penyembuhan luka. Dan bahkan dengan kemajuan teknologi saat ini tumbuhan lidah buaya juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar produk kosmetik dan farmasi. Selain itu, tanaman lidah buaya digunakan sebagai bahan membuat makanan dan minuman. Tanaman lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang bisa dieksploitasi sebagai obat dan bahan makanan. Dari hasil penelitian, didapatkan fakta bahwa tanaman lidah buaya kaya akan kandungan vitamin, asam amino, polisakarida, enzim dan mineral. Lalu apa saja manfaat tanaman lidah buaya selain apa yang sudah disebutkan di atas? berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman lidah buaya :

Mengatasi Sembelit

Lidah buaya dapat mengatasi sembelit karena dalam lidah buaya terdapat obat pencahar antraquinone. Tetapi perlu diingat bahwa kandungan pencahar yang ada pada lidah buaya sangatlah tinggi. Jadi anda harus bijak dalam menggunakannya. Cara mengatasi sembelit dengan lidah buaya adalah dengan mengambil satu batang lidah buaya, kemudian kulitnya dikupas, dan di cuci hingga bersih kemudian iris kecil-kecil. Setelah itu seduhlah dengan air panas dan minum selagi hangat. Anda juga dapat menambahkan madu dalam obat tradisional ini untuk menambahkan rasa agar tidak terlalu getir.

Sistem Imun Tubuh

Konsumsilah lidah buaya dengan membuatnya menjadi jus. Karena jus lidah buaya dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Saat kita mengkonsumsi jus lidah buaya secara teratur, maka tubuh akan memiliki antioksidan yang cukup untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Selain itu juga minuman ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu penyebab begitu sulitnya menurunkan berat badan adalah karena terganggungya saluran pencernaan (baca : Mengapa kita sangat sulit menurunkan berat badan?). Lidah buaya dapat membersihkan sistem pencernaan dalam tubuh. Untuk itulah mengapa lidah buaya dapat membantu menurunkan berat badan. Sistem pencernaan yang terganggu akibat pola makan yang tidak sehat akan dinetralisir secara alami oleh jus lidah buaya.

Itulah beberapa manfaat tanaman lidah buaya. Selain itu juga masih banyak sekali manfaat tanaman lidah buaya, diantaranya adalah sebagai sumber asam amino, melawan peradangan, sumber vitamin dan mineral, untuk kesehatan kardiovaskular, dan untuk alkalisasi tubuh. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca juga : Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Manfaat Buah Ketimun Untuk Kecantikan, Manfaat Minyak Kelapa Murni, Manfaat Buah Nanas Untuk Ibu Hamil, Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Hipertensi, Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!