Manfaat Mengkonsumsi Asparagus Untuk Kesehatan

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak disukai karena mempunyai rasa yang enak dan khas. Umumnya asparagus dibuat menjadi salad, direbus atau ditumis. Selain enak dan lezat, alasan lain kenapa banyak orang menggemari sayuran ini adalah karena asparagus mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, asparagus mengandung asperegine, asam folat, aprodisiak, potassium, asam amino serta berbagai macam vitamin. Anda akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan apabila mengkonsumsi asparagus secara rutin dan dengan porsi yang tepat tentunya. Lantas, apa saja manfaatnya? berikut ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi asparagus untuk kesehatan yang dikutip dari health.com.

Menyehatkan Jantung

Manfaat mengkonsumsi asparagus untuk kesehatan yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Asparagus banyak mengandung folat yang berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular. Untuk menjaga kesehatan jantung, caranya campurkan sedikit asparagus yang sudah dihaluskan dengan segelas air dan 3 sdm madu. Minumlah ramuan tersebut secara rutin untuk memiliki jantung yang sehat.

Mencegah Kanker

Asparagus banyak mengandung zat antioksidan dan zat lain yang dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker. Meskipun dimasak dengan suhu tinggi, sayur asparagus tetap menjadi sayur yang lebih sehat dibandingkan dengan sayur yang lain.

Menyehatkan Kulit

Asparagus mengandung vitamin E yang akan membuat kulit anda awet muda, lebih lembut dan lebih sehat. Selain itu jika anda menggunakan minyak zaitun untuk memasak sayur asparagus, dipercaya bisa mencegah diabetes dan kulit yang lebih sehat akan anda miliki.

Membuat Pikiran Tenang Dan Bahagia

Kandungan nutrisi pada asparagus diyakini bisa membuat suasana hati menjadi lebih tenang, lebih baik, dan lebih bahagia. Selain itu, antioksidannya yang tinggi juga dapat menjaga kemampuan otak tetap prima. Tidak hanya itu, alzheimer juga bisa dihindari dengan mengkonsumsi sayur asparagus secara rutin.

Menurunkan Berat Badan

Jika anda sedang diet, sayur asparagus cocok dijadikan sebagi menu diet karena asparagus merupakan makanan yang rendah kalori. Seorang penulis dan juga seorang konsultan kesehatan yaitu Keri Gans, RD, mengatakan bahwa asparagus adalah menu diet yang baik, sehat dan menjamin kondisi tubuh tetap prima dan maksimal selama menjalani program diet.

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi asparagus untuk kesehatan. Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan, ternyata ada khasiat lain dari asparagus yaitu mengontrol gula darah, anti inflamasi, mengurangi keasaman darah, sebagai diuretik alami dan menjaga kesehatan pencernaan. Sekian dan semoga bermanfaat.


Manfaat Mengkonsumsi Asparagus Untuk Kesehatan

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!