Manfaat Buah Nanas Untuk Ibu Hamil

Anda sudah tahu manfaat buah nanas untuk ibu hamil? Mungkin sebagian orang masih beranggapan bahwa mengkonsumsi buah nanas bisa menyebabkan keguguran. Anggapan-anggapan tersebut muncul karena memang sudah sejak lama beredar mitos yang menyebutkan jika mengkonsumsi buah nanas bisa menyebabkan keguguran. Tapi tahukah anda, pada kenyataannya justru manfaat buah nanas untuk ibu hamil sangat baik sekali. Selain itu juga, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa buah nanas bisa menyebabkan keguguran. lalu apa manfaat buah nanas untuk ibu hamil ?

Nanas merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki enzim bromelain. Apa itu enzim bromelain? Bromelain merupakan jenis enzim protease yang terdapat pada buah nanas. Secara spesifik bromelain terdapat pada batang buah nanas. Enzim bromelain sangat bagus untuk proses penyerapan nutrisi yang ada pada makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil yang kemudian akan diserap oleh janin untuk pertumbuhan janin selama kehamilan. Walaupun ada beberapa zat yang dapat memicu kontraksi pada ibu hamil, tetapi hal ini tidak menjadi masalah apabila kandungannya sehat dan tidak mengkonsumsi nanas secara berlebihan. Selain mengandung enzim bromelain, nanas juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Selain nanas, banyak sekali makanan yang diperlukan untuk ibu hamil dan sangat bermanfaat. Diantara makanan tersebut adalah :

  • Telur. Telur mengandung 12 vitamin & Mineral, dan kolin untuk pembentukan sistem saraf dan pertumbuhan otak buah hati anda.
  • Kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung zat besi, kalsium serta serat yang baik untuk mengatasi pencernaan terutama pada ibu hamil yang mengalami sembelit.
  • Daging. Daging adalah sumber protein utama, pilih bagian daging yang bebas lemak. Terutama bagi anda yang menginginkan anak berjenis kelamin perempuan. Karena mengkonsumsi daging pada saat hamil bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut (baca : Cara Merencanakan jenis kelamin anak).
  • Sayur-sayuran. Sayur-sayuran memiliki kandungan vitamin A, C, K, Asam Folat dan zat besi. Usahakan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran 2 – 3  kali porsi dalam satu hari. Dan jangan sampai sayur yang kita masak pada pagi hari dikonsumsi pada malam hari.
  • Buah-buahan. Buah-buahan mengandung 600 – 800 mikrogram asam folat. Asam folat berfungsi untuk pembentukan tulang, gusi dan pembentukan sel-sel baru serta penyembuhan luka.

Itulah beberapa manfaat buah nanas untuk ibu hamil dan juga makanan lainnya yang sangat baik untuk ibu hamil. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!