Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Tanaman kelapa sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Tanaman dengan nama lain Cocos nucifera ini sejak dulu telah dimanfaatkan untuk berbagai hal, dari bahan baku makanan hingga untuk pengobatan. Di Indonesia kelapa sering dijadikan bahan utama berbagai hidangan makanan, seperti manisan, untuk membuat makanan berkuah, berbagai jenis jajanan tradisional, dan lain sebagainya. Kelapa sering disebut-sebut sebagai pohon kehidupan. Sebutan ini merujuk pada begitu banyaknya manfaat yang bisa diambil dari tanaman kelapa. Hampir setiap bagian dari tanaman kelapa memiliki manfaat. Mulai dari akar, batang, daun, tulang daun, bahkan buahnya semua bisa dimanfaatkan. Berikut ini adalah manfaat buah kelapa bagi kesehatan dan kecantikan.

Produk turunan lain dari buah kelapa adalah minyak kelapa. Minyak kelapa murni atau juga sering disebut virgin coconut oil (VOC) merupakan salah satu produk dari sari pati kelapa yang telah diketahui sangat baik bagi kesehatan. Untuk menghasilkan minyak kelapa murni ini caranya dengan memeras buah kelapa yang segar, dan dari proses ini akan di dapatkan minyak yang tanpa dimasak. Proses ini digunakan karena memiliki kelebihan yaitu dapat tahan selama 2 tahun tanpa minyak akan menjadi tengik. Asam laurat (C-12) yang terkandung pada VCO menyebabkan efek kesehatan dari VCO hampir sama dengan air susu ibu (ASI). Ini disebabkan asam laurat yang terkandung dalam tubuh akan diubah menjadi monolaurin. Fungsi Monolaurin sendiri yaitu sebagai antibakteri , antivirus, dan antiprotozoa. Didapat dari hasil penelitian bahwa monolaurin bisa merusak membran lipid virus di antaranya virus Hepatitis C, Influenza, HIV dan cytomelagovirus.

Seiring perkembangan zaman, minyak kelapa lalu di produksi bukan hanya sebagai minyak goreng saja, namun sudah mengarah ke berbagai macam produk lain seperti untuk produk kecantikan. Kelapa bisa menjadi produk kecantikan karena asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa merupakan larutan yang baik untuk krim. Minyak kelapa diketahui juga mengandung asam lemak yang merupakan anti mikroba dan merupakan satu campuran yang disebut sukrosa cocoate, yang berfungsi untuk melembabkan. Minyak ini digunakan untuk perawatan kulit seperti untuk meredakan inflamasi misalnya eksim dan psioriasis.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!