Makanan Yang Tidak Boleh Dihangatkan Kembali

Sebagian besar masyarakat kita mempunyai kebiasaan menyimpan kembali makanan yang tidak habis ke dalam kulkas untuk dihangatkan kembali keesokan harinya. Hal ini dilakukan agar makanan tersebut tidak mubadzir dan untuk menghemat bahan makanan. Selain itu, cara ini juga ditempuh untuk menghemat waktu dalam mempersiapkan sarapan esok pagi. Tapi tahukah anda, bahwa ternyata menghangatkan atau memanaskan kembali makanan bisa merusak nutrisi yang terkandung dan tidak bergizi lagi. Bahkan ada beberapa jenis makanan yang apabila dihangatkan ulang atau dipanaskan kembali akan menjadi tidak sehat dan malah menjadi beracun. Apa saja makanan tersebut? berikut ini adalah makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali yang dikutip dari healthmeup.com. 

Ayam

Ayam akan menyebabkan masalah serius pada pencernaan apabila anda menghangatkannya kembali. Selain itu meskipun ayam kaya akan protein, tetapi protein ini akan rusak jika anda memanaskan ulang. Cara terbaik untuk memanfaatkan sisa daging ayam adalah dengan membuatnya menjadi sandwich atau salad. Tetapi jika anda tetap ingin menghangatkan kembali daging ayam, untuk mencegah proteinnya tidak rusak sangat disarankan memasak dengan suhu yang sangat rendah.

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang banyak mengandung nitrat dan zat besi. Mungkin tidak banyak yang tahu kalau bayam tidak boleh dihangatkan kembali. Tapi memang seperti itulah kenyataannya, menghangatkan ulang bayam dan mengkonsumsinya sama saja dengan memicu kanker. Ini disebabkan karena nitrat pada bayam akan berubah menjadi elemen yang dapat menyebabkan kanker.


Rak Tempat Bumbu

 

Telur Rebus

Makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali berikutnya adalah telur rebus. Dari berbagai studi membuktikan bahwa telur rebus yang dihangatkan kembali keesokan paginya akan mengganggu pencernaan. Tidak hanya proteinnya yang hilang, lebih bahaya lagi telur rebus ini akan mengandung racun.

Jamur

Jangan sekali-kali menghangatkan kembali jamur karena akan dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan, berubahnya komposisi protein pada jamur dan berubahnya rasa jamur itu sendiri. Idealnya memakan jamur adalah pada hari dimana jamur itu dimasak.

Nasi

Nasi menjadi makanan yang paling sering dihangatkan kembali oleh kebanyakan orang. Tapi ternyata nasi akan menyebabkan keracunan apabila dihangatkan kembali dengan panas yang tinggi dan dalam waktu yang lama. Nasi akan dipenuhi bakteri dan bakteri itu tidak akan mati meskipun kita masak dengan suhu tinggi.

Kentang

Kentang juga menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali. Kenapa? karena dengan menghangatkan kembali kentang, akan menghilangkan kandungan protein yang terdapat dalam kentang. Lebih jauh lagi, kentang akan menyebabkan keracunan apabila dihangatkan berkali-kali.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali. Jadi mulai hari ini sebaiknya anda berpikir ulang untuk menghangatkan kembali makanan sisa. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂


programdetoksifikasi

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!