Makanan Yang Enak Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Yang Enak Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Yang Enak Untuk Kesehatan Jantung – Jantung adalah salah satu organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai pemompa darah keseluruh tubuh melalui pembuluh besar. Karena begitu pentingnya fungsi jantung tersebut, kita harus benar-benar memperhatikan kesehatan jantung. Jangan sampai kesehatan jantung kita bermasalah dengan timbulnya penyakit berbahaya seperti jantung koroner. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa jantung koroner merupakan salah satu penyakit paling mematikan didunia. Banyak cara untuk tetap menjaga kesehatan jantung kita, diantaranya adalah dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung. Biasanya, makanan sehat itu makanan yang tidak enak. Namun bagi anda yang tetap ingin makan enak tapi sehat, berikut ini adalah makanan yang enak untuk kesehatan jantung.

Ikan Salmon

Salmon merupakan ikan laut segar yang kaya akan kandungan gizi. Kandungan gizi tersebut diantaranya adalah vitamin B12 dan B6 yang baik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya itu, ikan salmon juga mengandung omega-3 yang sangat berguna untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan menstabilkan tekanan darah. Anda bisa memanggang atau mengukus ikan salmon agar ikan tersebut lebih sehat.

Ubi Manis

Untuk menjaga kesehatan jantung, antioksidan yang terdapat pada jenis ubi ini sangat baik sekali. Pada ubi manis juga terdapat vitamin B6 yang berfungsi sebagai pengurai zat homosistein. Zat homosistein adalah zat yang mengakibatkan pengerasan pembuluh darah dan arteri. Selain itu, vitamin B6 pada ubi manis juga membantu darah tetap bebas mengalir dengan cara menjaga dinding pembuluh darah tetap fleksibel. Ubi manis sangat enak walaupun bentuknya kurang menarik. Kita bisa mengukus atau memanggang ubi tersebut dan makan selagi hangat.

Sayuran Hijau

Makanan yang enak untuk kesehatan jantung yang ketiga adalah sayuran hijau. Sayuran hijau memang dikenal sebagai makanan yang baik tubuh, diantaranya adalah kangkung, bayam dan sawi. Sayuran hijau mengandung semua hal yang baik bagi jantung seperti vitamin A, vitamin C, magnesium. Hal yang harus anda perhatikan pada saat memasaknya adalah jangan terlalu matang karena dapat menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya.

Gandum

Gandum merupakan pilihan tepat bagi anda yang ingin menjaga kesehatan jantung dan menghindari obesitas atau kelebihan berat badan. Gandum membuat kita tidak cepat lapar karena kandungan seratnya yang kaya. Tidak hanya itu, gandum juga dapat membuat kita bahagia loh..!Kenapa? ini karena hormon serotonin akan meningkat ketika kita mengonsumsi gandum. Maka dari itu, konsumsilah gandum sebanyak setengah cangkir dalam sehari. Ini akan berefek pada berkurangnya kolesterol jahat dalam darah. Untuk pengolahannya cukup mudah karena saat ini banyak sekali produk gandum instant di pasaran dengan aneka rasa.

Kacang Merah Dan Almond

Kalsium, zat besi, magnesium, vitamin E dan vitamin B2 (riboflavin) terkandung dalam kacang almond dan kacang merah. Kandungan tersebut akan membuat jantung tetap dalam kondisi mood yang baik. Kacang almond ini bisa anda jadikan cemilan. Bisa juga anda jadikan sebagai menu sarapan dengan mencampur semangkuk oatmeal. Atau anda bisa membuat sup yang lezat dengan kacang merah.

Buah Berry

Meskipun nyaris seluruh buah segar baik bagi jantung, tetapi blackberry, raspberry dan blueberry merupakan pilihan terbaik. Vitamin C dan antioksidan banyak terkandung pada buah yang berwarna hitam, merah dan ungu ini. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi stress. Buah ini baik bagi kesehatan jantung karena rendah kalori. Cukup dibuat jus atau smoothiest saja anda sudah bisa menikmati buah ini dengan rasa yang enak.

Daging Tanpa Lemak

Umumnya, daging adalah makanan yang harus kita hindari untuk menjaga kesehatan jantung. Tetapi ternyata, kita masih bisa mengkonsumsi daging merah seperti domba, kambing, dan sapi yang tidak ada lemaknya. Daging tanpa lemak ini kaya akan vitamin B, zinc, dan zat besi yang baik untuk kesehatan jantung. Anda bisa mengolahnya menjadi steak agar rasanya lebih enak.

Itulah beberapa makanan yang enak untuk kesehatan jantung yang dikutip dari www.fimela.com. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga : Gejala Awal Penyakit Jantung, Menyembuhkan Jantung, Paru-paru Dan Hati Dengan Jus, Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong, Makanan Yang Mengandung Purin Tinggi Dan Rendah, Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Mencegah Kanker, Makanan Untuk Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!