Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu indera manusia yang mempunyai peranan penting adalah mata. Karena kita tidak bisa melihat apa-apa tanpa mata. Maka dari itu, menjaga kesehatan mata sama pentingnya dengan menjaga kesehatan organ vital lainnya seperti jantung, paru-paru dan hati. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, namun yang paling gampang dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang sudah dipercaya bisa menjaga kesehatan mata agar mata tetap bekerja sebagaimana fungsinya. Lantas, apa saja makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata? dikutip dari www.health.com, berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Wortel

Rasanya semua orang sudah mengetahui khasiat wortel untuk kesehatan mata. Ya, wortel memang merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Wortel mempunyai kandungan betakaroten, yang mana betakaroten ini akan dirubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Selain berkhasiat untuk mata, wortel juga beguna dalam hal menangkal radikal bebas.

Sayuran Hijau

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata berikutnya adalah sayuran hijau. Salah satu nutrisi yang sangat penting untuk retina dan lensa adalah lutein. Selain itu, lutein juga berguna untuk menyerap serta melindungi bahaya sinar matahari. Nah, lutein ini banyak terkandung dalam sayuran hijau seperti bayam kale. Di dalam 100 gram bayam kale terdapat sekitar 11.4 miligram lutein. Maka jika anda mengkonsumsi bayam kale sebanyak 80 gram, itu artinya lutein yang terkandung setara dengan 71 butir telur dan 41 buah jeruk.

Buah

Agara dapat melihat dengan baik saat malam hari, retina mata membutuhkan vitamin A. Konsumsilah buah-buahan berwarna yang menjadi sumber betakaroten (zat gizi yang dapat dirubah menjadi vitamin A) seperti pepaya dan mangga.

Biji-bijian, Kacang dan Daging

Di Eropa, satu-satunya mineral yang diyakini baik untuk kesehatan mata adalah zinc. Hal ini berdasarkan oleh sebuah penelitian ilmiah yang menemukan fakta bahwa zinc memang bagus untuk kesehatan mata. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung zinc adalah ikan sarden, tiram, kepiting, dan ayam kalkun. Meskipun tidak banyak, gandum dan kacang mete juga mengandung zinc.

Ikan

Kandungan asam lemak omega tiga pada ikan tuna dan salmon berkhasiat untuk menormalkan sel-sel retina yang lemah. Agar kesehatan mata anda tetap terjaga, lengkapilah kebutuhan asam lemak omega tiga tubuh dengan mengkonsumsi ikan salmon atau tuna minimal satu porsi dalam seminggu.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Nah, agar mata anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik, masukkanlah makanan-makanan tersebut ke dalam menu makanan anda sehari-hari ya.. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!