Makanan Untuk Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Sakit

Makanan Untuk Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Sakit – Kesehatan memang menjadi hal yang teramat sangat penting. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan sebaik mungkin jangan sampai sakit. Karena jika itu sampai terjadi, akan sangat mengganggu aktifitas kita sehari hari. Selain itu juga jika sudah sampai sakit, biaya pengobatan untuk beberapa macam penyakit tergolong sangat mahal. Jadi, mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Ketika anda sakit, tubuh pasti akan kekurangan vitamin, nutrisi dan gizi. Begitupun pasca sakit atau setelah anda sakit tubuh memerlukan vitamin, nutrisi dan gizi dalam jumlah banyak. Untuk memenuhi kebutuhan gizi tersebut agar cepat pulih setelah sakit, berikut ini adalah makanan untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit.

Sayur Dan Buah

Mengkonsumsi sayur dan buah segar dapat melancarkan sistem pencernaan. Karena biasanya sistem pencernaan setelah sakit akan terhambat, jadi anda perlu mengkonsumsi sayur dan buah. Selain itu juga, racun dalam tubuh akan mudah keluar oleh makanan ini karena mengandung antioksidan. Banyaknya Porsi yang disarankan oleh The Cleveland Clinic adalah sebanyak 5 porsi setiap harinya. Ukuran satu porsinya adalah bisa sepotong buah melon, setengah buah jeruk bali, satu buah pisang ukuran sedang, 1 cangkir buah beri, 1 cangkir sayur segar atau 2 sdm buah kering.

Probiotik Yang Mengandung Bakteri Baik

Para peneliti menyarankan untuk mengkonsumsi probiotik secara rutin untuk mempercepat masa pemulihan setelah sakit. Hal ini didasarkan oleh penelitian pada tahun 2007 yang menemukan bahwa bakteri sehat seperti S Thermophilus, L Casei, dan L Bulgaricus terdapat pada minuman probiotik. Salah satu contoh minuman probiotik yang mengandung bakteri baik adalah yogurt.

Makanan Mengandung Vitamin C

Makanan untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit yang ketiga adalah makanan yang banyak mengandung Vitamin C. Vitamin C merupakan nutrisi yang dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh fit kembali. Selain itu juga, vitamin C dapat menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. Konsumsi rata-rata vitamin C untuk orang dewasa adalah sebanyak 75-90 mg / hari. Vitamin C banyak terdapat pada buah seperti tomat dan jeruk serta sayuran.

Makanan Mengandung Protein

Seluruh jaringan, organ, dan sel tubuh hampir semuanya terbentuk dari asam amino, yaitu suatu zat penyusun yang banyak terkandung pada makanan berprotein. Dilansir oleh livestrong.com , protein yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh tubuh setiap harinya adalah sebanyak 45-56 gram. Data tersebut diperoleh dari Harvard School of Public Health. Makanan yang mengandung protein yang baik adalah ikan, daging unggas, daging sapi, tahu, telur, kacang-kacangan, produk ternak sapi, dan susu rendah lemak. Hindarilah daging olahan seperti daging asap dan sosis yang banyak mengandung sodium dan bahan pengawet. Serta jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging merah.

Air Putih

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat kita sedang sakit, kita banyak kehilangan cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu, pada saat pemulihan kita membutuhkan banyak cairan agar tidak dehidrasi. Dehidrasi akan menyebabkan gejala seperti pusing, tubuh lemas, mual dan sakit kepala. Jadi untuk itu, konsumsilah air putih dalam jumlah banyak selama pemulihan pasca sakit.

Itulah beberapa makanan untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!