Tips Saat Hamil Agar Melahirkan Anak Yang Cerdas

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya pintar dan cerdas. Tapi bagaimana sih cara agar melahirkan anak yang cerdas? dikutip dari motherandbaby.co.uk, seorang “pengarang pembantu” buku yang berjudul The Better Baby Book yaitu Dr Lana Asprey mengungkapkan bahwa kepribadian dan kecerdasan anak lebih besar dipengaruhi oleh gen yang diwarisinya. Tetapi, gaya hidup yang tepat akan mempengaruhi gen-gen tersebut terprogram dengan baik selama dikandungan. Selain itu, para peneliti juga percaya bahwa gen yang diwarisi hanya memberikan sumbangsih sebesar 50 persen terhadap IQ janin dan sisanya dipengaruhi oleh lingkungan bayi itu sendiri. Untuk mendapatkan anak yang cerdas, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Di bawah ini adalah cara atau tips saat hamil agar melahirkan anak yang cerdas.

Dengarkan Musik

Tips saat hamil agar melahirkan anak yang cerdas yang pertama adalah mendengarkan musik. Musik sangat digemari oleh janin. Selain itu, musik dapat meningkatkan produksi hormon bahagia seperti serotonin yang mampu memberikan ketenangan kepada janin. Semua perasaan bahagia yang berhubungan dengan musik yang ia dengarkan ketika masih di dalam kandungan akan ia ingat dan kenang saat ia sudah lahir. Efeknya, perkembangan IQ bayi akan semakin baik. Selain mendengarkan musik, bunda juga bisa menyanyikan lagu-lagu sederhana agar janin tenang selama dalam kandungan.

Variasikan Asupan Makanan

Tips saat hamil agar melahirkan anak yang cerdas berikutnya adalah memvariasikan asupan makanan. Saat janin berusia sekitar 20 minggu, indera pengecapnya sudah berkembang. Lalu ia akan menyerap kurang lebih 2 liter air ketuban saat usianya menginjak 25 minggu dan ketika itu bayi sudah bisa merasakan makanan yang bunda konsumsi. Jadi, jika anda ingin bayi pintar dan pertumbuhannya baik, variasikanlah berbagai macam makanan yang sehat. Selain bisa menghasilkan anak yang pintar, cara tersebut juga bisa membuat bayi menyukai berbagai macam makanan sehat ketika ia sudah lahir.

Mengajak Janin Mengobrol

Janin sudah bisa mendengar saat usianya menginjak 16 minggu. Dan semua sel yang terhubung antara telinga ke otak telah terbentuk dengan baik ketika usinya 27 minggu. Menurut penelitian, bayi yang baru lahir dapat merespon dan mengenali bahasa atau aksen yang di dengar ketika masih dalam kandungan. Jadi, ajaklah bayi mengobrol untuk memperbanyak kosa katanya sejak dini.

Memijat Perut Dengan Lembut

Memberikan pijatan lembut pada bagian perut bisa anda lakukan sebagai salah satu tips saat hamil agar melahirkan anak yang cerdas. Janin sudah bisa merasakan elusan serta sentuhan tangan dari ibunya ketika ia berusia kurang lebih 20 minggu. Maka dari itu, sangat dianjurkan agar anda mengelus, menyentuh dan memijat dengan lembut secara rutin supaya janin merasa nyaman dan tenang. Ketenangan dan kenyamanan sangat baik untuk proses tumbuh kembangnya.

Mendapatkan Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari pagi sangat baik untuk perkembangan jantung dan tulang bayi. Selain itu, sinar matahari pagi juga baik untuk membantu mencukupi vitamin D. Jadi usahakan agar anda mendapatkan paparan sinar matahari pagi secara rutin selama 20 menit setiap hari saat masa kehamilan.

Olahraga Ringan

Proses tumbuh kembang janin akan semakin baik jika bunda aktif selama masa kehamilan. Salah satu aktifitas yang baik adalah berolahraga. Ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon yang menembus plasenta dan dapat mengalirkan zat-zat yang bisa membuat bayi bahagia selama 8 jam. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat melancarkan alirah darah dalam tubuh termasuk janin, sehingga perkembangannya lebih maksimal. Selain itu, menurut penelitian olahraga selama kehamilan bisa meningkatkan neuron pada himokampus (berperan dalam navigasi ruangan dan proses mengingat atau memori) pada bayi. Jadi, sangat dianjurkan anda berolahraga secara rutin. Tapi ingat, lakukanlah olahraga-olahraga ringan yang memang diperuntukan untuk wanita hamil.

Membacakan Dongeng

Tips saat hamil agar melahirkan anak yang cerdas berikutnya adalah membacakan dongeng. Sebenarnya, sejak masih dalam kandungan, anak sudah mulai belajar berbahasa. Karena pada trimester ketiga, bayi sudah dapat mendengar dan mengingat suara yang ia dengar secara rutin. Jadi, bacakanlah dongeng atau cerita untuk anak sejak masih dalam kandungan agar kemampuan berbahasanya berkembang dengan baik.

Itulah beberapa tips saat hamil agar melahirkan anak yang cerdas dan sehat. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!