Tanda-Tanda Menstruasi Yang Tidak Normal

Menstruasi atau haid merupakan siklus bulanan yang dialami oleh wanita diusia subur. Berbicara mengenai menstruasi seringkali membuat hati kita cemas dan tidak karuan. Terlebih lagi jika mengalami menstruasi yang dibarengi dengan gejala-gejala atau tanda-tanda yang tidak normal, tentu akan semakin membuat kita merasa khawatir. Untuk mengetahui normal atau tidaknya menstruasi seseorang, sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter ahli secara langsung. Tetapi jika anda tidak ingin berkonsultasi dengan dokter, sebenarnya anda bisa mengeceknya sendiri. Karena secara umum, gejala atau ciri-ciri haid tidak normal ada empat. Apa saja? berikut ini adalah tanda-tanda menstruasi yang tidak normal.

Keluar Darah Diantara Siklus Haid

Dilansir oleh Mayo Clinic, penyebab keluarnya darah dari area kewanitaan ketika tidak sedang haid bermacam-macam dan berkaitan dengan sistem reproduksi. Usahakan untuk selalu menandai atau mencatat siklus haid setiap bulannya agar bisa mengamati normal atau tidaknya darah yang keluar dari area kewanitaan.

Darah Haid Keluar Lebih Dari 7 Hari

Tanda-tanda menstruasi yang tidak normal selanjutnya adalah keluarnya darah haid selama lebih dari seminggu. Jika hal ini terjadi pada anda, sebaiknya segeralah periksakan diri anda ke dokter. Karena umumnya, darah haid keluar tidak lebih dari seminggu.

Telat 3 Siklus Haid Berturut-Turut

Diungkapkan oleh Cleveland Clinic, suatu hal yang tidak normal jika anda telat haid lebih dari 3 bulan (90 hari). Penyebab telatnya haid ini bisa bermacam-macam seperti terserang kanker serviks, penggunaan alat kontrasepsi, diet ketat, dan lain-lain. Tetapi jika anda adalah seorang remaja yang baru mengalami haid, menjelang menopause, sedang menyusui atau baru melahirkan, kondisi telat haid masih bisa dimaklumi.

Rasa Nyeri Yang Menyiksa

Ketika menjelang atau sedang mengalami menstruasi, adalah hal yang wajar jika wanita merasakan nyeri. Tapi jika rasa nyeri itu begitu menyiksa hingga anda tidak bisa bangun dari tempat tidur, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Rasa nyeri yang amat sangat merupakan salah satu gejala atau ciri menstruasi yang tidak normal. Selain itu, rasa nyeri tersebut juga bisa menjadi gejala anda mengalami endometriosis.

Itulah beberapa tanda-tanda menstruasi yang tidak normal. Jika anda mengalami salah satu gejala seperti yang disebutkan diatas, sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!