Tanda-Tanda Haid Atau Menstruasi Yang Normal

Haid atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang pasti dialami oleh setiap wanita dewasa yang masih dalam usia subur. Menyikapi datangnya menstruasi atau yang juga dikenal dengan istilah “datang bulan”, seringkali kita merasakan kekhawatiran yang berlebihan. Munculnya beberapa pertanyaan seperti apakah nyeri haid ini wajar, telat haid dalam beberapa hari apakah normal, dan apakah siklus haid saya wajar? dan lain sebagainya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mengetahui empat hal yang paling mendasar dalam masalah haid. Apa saja? dikutip dari boldsky.com, berikut ini adalah tanda-tanda haid atau menstruasi yang normal dan wajar.

Nyeri Haid

Kram atau nyeri perut saat haid adalah hal yang wajar dan normal. Selain itu, hal yang biasanya dialami oleh wanita yang sedang datang bulan adalah merasa tidak nyaman dan mudah lelah. Tetapi sebaiknya segera hubungi dokter jika nyeri yang anda rasakan teramat sangat hingga membuat anda muntah-muntah dan mual.

Gumpalan Darah Haid

Tanda-tanda haid atau menstruasi yang normal berikutnya adalah adanya gumpalan darah yang jumlahnya tidak banyak dan tidak menimbulkan rasa sakit. Salah satu penyebab adanya gumpalan darah adalah karena sangat banyaknya jumlah darah yang keluar saat haid dan mengakibatkan zat anti koagulan tidak mempunyai banyak waktu untuk bekerja sehingga terjadilah gumpalan darah. Dengan demikian, darah haid yang encer akan membawa keluar gumpalan darah.

Siklus Haid Antara 21 Sampai 35 Hari

Jika bulan ini haid anda lebih cepat atau atau telat beberapa hari sebaiknya anda tidak perlu panik karena siklus haid pada wanita bervariasi. Umumnya, siklus haid pada wanita adalah 21 sampai 35 hari . Jadi jika siklus haid anda masih di dalam periode tersebut, bisa dikatakan masih wajar.

Haid Berlangsung 2 Sampai 7 Hari

Banyaknya haid yang dialami oleh setiap wanita rata-rata adalah 500 kali selama hidupnya. Selain itu, lamanya seseorang mengalami haid berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi tiap wanita yang tidak sama. Tetapi biasanya, lamanya waktu seorang wanita mengalami menstruasi adalah 2 sampai 7 hari. Nah, jika lama haid yang anda alami masih di dalam periode tersebut, hal tersebut masih bisa dikatakan normal.

Itulah beberapa tanda-tanda haid atau menstruasi yang normal. Jika anda masih ragu mengenai pengalaman haid yang anda alami, sebaiknya segera hubungi dokter dan mintalah penjelasan. Karena kondisi tiap wanita berbeda-beda, jadi pengalaman dan siklus haid pun tentu akan berbeda. Sekian dan semoga bermanfaat.


Tanda-Tanda Haid Atau Menstruasi Yang Normal

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!