Posisi Tidur Yang Baik Dan Benar Untuk Ibu Hamil

Tentu semua orang setuju jika ada yang mengatakan bahwa tidur merupakan aktivitas yang menyenangkan. Tetapi berbeda dengan orang pada umumnya, wanita yang sedang hamil, terutama yang usia kehamilannya sudah mencapai 3 hingga 6 bulan, akan mengalami kesulitan karena susah menemukan posisi tidur yang pas. Tetapi anda tidak perlu khawatir walaupun perut anda mengalami perubahan secara signifikan karena sesungguhnya sang janin mendapatkan perlindungan dari tubuh anda. Salah satu perlindungan yang bisa anda berikan kepada janin adalah dengan memperhatikan posisi tidur tepat. Seperti apa? berikut ini adalah posisi tidur yang baik dan benar untuk ibu hamil.

Posisi Tidur Tengkurap

Tidur dengan posisi seperti ini masih terbilang aman untuk ibu hamil dengan usia kehamilan 1 sampai 3 bulan. Tetapi jika sudah memasuki usia kehamilan lebih dari 3 bulan, tentu posisi tidur seperti ini sudah tidak nyaman lagi karena perut sudah semakin membesar. Selain itu, rangsang payudara akan semakin sensitif dan ukuran payudara juga membesar sehingga menimbulkan ketidaknyamanan apabila tidur dengan posisi seperti ini.

Posisi Tidur Miring

Posisi tidur yang baik dan benar untukĀ  ibu hamil berikutnya adalah posisi tidur miring. Bisa dikatakan posisi tidur ini merupakan posisi terbaik untuk ibu hamil. Meskipun belum ada penelitian pasti mengenai posisi tidur terbaik untuk ibu hamil, tetapi posisi tidur miring bisa membantu melancarkan aliran darah ke plasenta terutama bagi mereka yang memasuki usia kehamilan 4 bulan. Gunakanlah bantal khusus yang diciptakan untuk posisi tidur miring agar tidur anda menjadi lebih nyaman.

Posisi Terlentang

Posisi terlentang merupakan posisi tidur yang tidak baik untuk hamil dan sangat tidak disarankan. Karena dengan posisi seperti ini, semua beban ditempatkan pada satu bagian yaitu di belakang rahim. Di usia kehamilan 3 sampai 9 bulan, posisi tidur terlentang bisa menyebabkan nyeri pinggang, gangguan sirkulasi darah dan gangguan pernafasan. Tidak hanya itu, ada juga beberapa kasus ibu hamil yang mengalami pusing dan penurunan darah akibat tidur dengan posisi terlentang.

Itulah tadi beberapa posisi tidur yang baik dan benar untuk ibu hamil. Selain memperhatikan posisi tidur yang tepat, penting juga untuk memperhatikan asupan makanan bergizi agar janin tetap sehat. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!