Perbedaan Kanker Payudara Dan Tumor Payudara

Ketika ada benjolan yang disertai rasa nyeri pada bagian payudara, tentu sebagai wanita akan merasa panik. Lalu bertanya-tanya apakah ini tumor? atau lebih parah, ini kanker?. Munculnya benjolan pada bagian payudara menjadi sesuatu hal yang menakutkan bagi wanita. Tetapi yang perlu diketahui adalah bahwa tidak semua benjolan itu adalah kanker, ada kemungkinan juga itu adalah tumor jinak yang dapat segera diatasi dengan operasi. Sebenarnya, kanker payudara dan tumor payudara adalah dua hal yang berbeda. Seperti apa cara membedakannya? berikut ini adalah perbedaan kanker payudara dan tumor payudara.

Perbedaan kanker payudara dan tumor payudara bisa kita lihat dari benjolannya. Gejala serta benjolan yang dirasa antara kanker dan tumor payudara itu berbeda.

Benjolan Tumor Lebih Lunak

Walta Gautama, seorang dokter spesialis mengatakan bahwa biasanya benjolan kanker itu letaknya hanya di satu sisi dan keras, tetapi jika benjolannya berpindah-pindah itu kista. Bisa diartikan kista ini adalah tumor yang isinya cair. dan biasanya tumor ini lebih lunak saat diraba. Biasanya tumor ini tidak mengakibatkan kegagalan organ sehingga tidak lebih berbahaya dari kanker.

Benjolan Kanker Terasa Lebih Keras

Benjolan kanker payudara akan terasa sakit jika ditekan. Selain itu, bentuk pinggirannya tidak rata tetapi benjolannya lebih terasa. Dikutip dari healtline.com, beberapa gejala awal kanker payudara adalah muncul benjolan di bawah ketiak atau di sekitar tulang selangka, ada pembengkakan, ruam di payudara tanpa sebab yang jelas, muncul rasa gatal, kulit iritasi, bengkak, payudara kemerahan, keluar cairan berwarna kuning, cokelat, merah atau bening dari puting, payudara tetap sakit meskipun sedang tidak menstruasi, dan perubahan bentuk puting payudara.

Permukaan payudara bisa berubah jika benjolan kanker sudah menyebar. Contoh perubahan yang terjadi adalah tertariknya puting ke dalam yang diakibatkan karena adanya infiltrasi. Dokter Walta Gautama juga menginformasikan bahwa secara statistik kanker tahap awal atau stadium 1 indikasinya adalah munculnya benjolan berukuran 2 cm dan peluang kesembuhannya mencapai 100 persen. Sementara jika sudah mencapai tahap lanjut atau stadium 2, peluang untuk sembuh mencapai 80 persen. Sedangkan peluang sembuh akan menurun menjadi 60 persen jika sudah mencapai stadium 3 dan hanya 20 persen peluang sembuh jika sudah mencapai stadium 4.

Itulah tadi penjelasan mengenai perbedaan kanker payudara dan tumor payudara. Yang paling penting adalah segera konsultasikan dengan dokter jika ada sesuatu yang aneh seperti benjolan pada payudara anda. Hal ini untuk mempercepat penanganan jika memang anda terindikasi tumor atau kanker payudara. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!