Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Haid

Haid atau menstruasi merupakan periode yang pasti dialami oleh semua wanita di usia subur. Biasanya, haid akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman, tidak bertenaga, lemas, dan bahkan kepala terasa pusing. Maka dari itu, menjaga kondisi tubuh saat menstruasi merupakan hal yang penting. Salah satu hal yang bisa anda lakukan agar kondisi tubuh tetap baik adalah dengan memperhatikan pola makan. Ya, karena memang ada beberapa makanan yang baik anda konsumsi saat ‘datang bulan’ dan ada juga makanan yang sebaiknya tidak anda konsumsi. Mengenai makanan dan minuman yang harus dihindari saat haid, berikut ini penjelasannya.

Makanan Berbahan Dasar Susu

Produk makanan yang berbahan dasar susu biasanya mengandung lemak jenuh. Dan lemak jenuh ini bisa mengakibatkan inflamasi serta iritasi sehingga kondisi haid jadi lebih buruk apabila dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, produk berbasis susu juga dapat meningkatkan prostaglandin yang bisa membuat perut kram. Jika anda ingin makan makanan produk susu, pilihlah makanan yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak.

Semangka Dan Nanas

Makanan dan minuman yang harus dihindari saat haid selanjutnya adalah buah nanas dan semangka. Mengapa? karena nanas dan semangka dapat menyebabkan darah yang keluar semakin banyak. Selain itu, tubuh juga akan semakin merasa tidak nyaman. Tidak hanya nanas dan semangka, sebaiknya hindari konsumsi buah yang “mendinginkan” saat haid.

Makanan Panggang

Hormon estrogen dalam tubuh bisa meningkat jika anda mengkonsumsi makanan yang dipanggang. Efeknya, perut akan semakin terasa nyeri. Hal tersebut bisa terjadi karena makanan panggang banyak mengandung asam lemak trans. Selain itu, kurangi juga makanan yang digoreng. Karena mengurangi makanan yang digoreng dapat membantu meredakan nyeri perut saat haid.

Minuman Soda

Ketika sedang menstruasi, sebaiknya hindarilah minuman berkarbonasi, bersoda, dan segala sesuatu yang banyak mengandung sodium dan soda. Saat haid, tubuh sudah berkerja keras agar tidak kembung. Nah, jika anda minum minuman bersoda, hal itu akan membuat anda jadi lebih mudah kembung. Tentu kondisi tersebut membuat anda tidak nyaman bukan?.

Makanan Yang Terlalu Manis

Makanan dan minuman yang harus dihindari saat haid berikutnya adalah makanan yang terlalu manis. Meskipun gula itu baik untuk tubuh, tapi apabila dikonsumsi berlebihan khususnya pada saat haid, akan mengakibatkan kondisi tubuh menjadi tidak stabil dan mood juga mudah naik turun. Selain itu, sistem imun tubuh juga terganggu dan kepala menjadi pusing.

Makanan Berlemak

Kondisi haid bisa menjadi semakin parah jika anda mengkonsumsi makanan berlemak. Mengapa? karena makanan tersebut bisa mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh. Jadi, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak secara berlebihan. Perbanyaklah makan buah dan sayur untuk mengimbangi asupan lemak dan karbohidrat.

Makanan Olahan

Umumnya, makanan olahan banyak mengandung sodium. Nah, jika kita terlalu banyak makan sodium akan mengakibatkan kondisi tubuh saat haid semakin memburuk. Jadi, gantilah makanan olahan dengan buah, sayur dan makanan sumber karbohidrat seperti gandum utuh dan ikan.

Itulah makanan dan minuman yang harus dihindari saat haid. Oh iya, satu lagi minuman yang sebaiknya tidak anda konsumsi ketika haid yaitu minuman yang mengandung kafein. Karena kafein dapat menyebabkan depresi, tidak tenang dan payudara terasa kencang. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!