Gangguan Buang Air Kecil Pada Wanita

Gangguan buang air kecil pada wanita atau gangguan berkemih adalah gangguan pada buang air kecil yang berupa urine yang tidak keluar atau keluarnya tersendat, atau justru tidak bisa menahan buang air kecil. Buang air kecil terjadi karena di tubuh kita terdapat pembuluh darah yang penting yaitu pembuluh darah arteri dan vena. Fungsi ginjal adalah untuk mengeluarkan racun atau kotoran dan cairan berlebih dari pembuluh darah arteri, kemudian dikembalikan lagi ke pembuluh vena apabila darah sudah bersih. Urine diproduksi di ginjal lalu dikirim ke kandung kemih melalui ureter. Jika urine di kandung kemih sudah mencapai volume tertentu (sekitar 200-300 ml), tekanan di dalam kandung kemih akan meningkat dan rangsangan tersebut akan dikirim ke otak. Otak akan mengeluarkan perintah pada tubuh setelah otak menerima keinginan untuk buang air kecil dan kemudian memutuskan apakah kondisinya memang layak untuk buang air kecil atau tidak.

Kandung kemih akan merespon dengan cara berkontraksi dan saat otot-otot di uretra mengendor, urine akan keluar dari tubuh melalui uretra. Maka inilah yang sering kita sebagai proses buang air kecil atau berkemih. Jumlah urine yang diproduksi di ginjal dalam sehari tergantung dari cairan yang masuk ke dalam tubuh maupun jumlah keringat. Rata-rata sekitar 1200-1500 ml. Jadi kencing merupakan suatu proses yang sangat penting karena membuang sisa-sisa yang tidak berguna dari dalam tubuh.

Tapi buang air kecil juga bisa mengalami gangguan. Gangguan buang air kecil pada wanita ini bisa berupa susah buang air kecil, sering buang air kecil dan lain-lain. Penyebab dari gangguan buang air kecil pada wanita ini bisa bermacam-macam, ada yang disebabkan karena penyumbatan saluran kencing bagian bawah, cedera dan lain sebagainya. Berbagai saluran kencing bisa diatasi dengan air kelapa muda. Kandungan air kelapa muda memiliki manfaat sebagai deutrik alami, yaitu dapat melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Kandungan air kelapa muda dipercaya juga dapat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh, selain itu juga dapat mengatasi infeksi pada saluran kemih.

Air kelapa juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan infeksi urine. Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Eugenio Macalalag, ahli urologi dari chinese General Hospital dan National Kidney Institut, Filipina menunjukan bahwa air kelapa efektif melarutkan batu ginjal. Penelitian ini dilakukan pada air kelapa segar.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!