Cara Menjaga Organ Kewanitaan Agar Tetap Bersih

Menjaga tubuh bagian dalam terutama organ kewanitaan agar tetap bersih dan sehat sama pentingnya dengan menjaga tubuh bagian luar seperti wajah, kulit, rambut, dll. Kebersihan organ kewanitaan sangat penting untuk dijaga demi menghindari datangnya penyakit-penyakit berbahaya seputar organ kewanitaan seperti keputihan dan kanker serviks. Selain itu juga, menjaga kebersihan organ kewanitaan dapat membuat kita lebih percaya diri terutama saat hendak berhubungan intim dengan suami. Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga kebersihan daerah organ intim kewanitaan? berikut ini adalah tips atau cara menjaga organ kewanitaan agar tetap bersih :

Konsumsi Makanan Sehat

Diri kita merupakan cerminan dari apa yang kita makan. Jika kita mengkonsumsi makanan sehat, maka kita akan sehat. Begitupun sebaliknya, jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat maka kita tidak akan sehat. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan orgam intim kewanitaan, konsumsilah makanan sehat seperti yogurt dan jus buah cranberry. Kedua makanan ini dapat menghindari infeksi jamur. Selain itu, yogurt dan jus buah cranberry mampu menjaga jumlah bakteri baik dan menjaga kestabilan pH dalam organ intim kewanitaan. Untuk makanan sehat lainnya, silahkan anda berkonsultasi dengan dokter mengenai makanan yang tepat untuk anda.

Hindari Douching

Cara menjaga organ kewanitaan agar tetap bersih berikutnya adalah dengan menghindari Douching. Douching merupakan salah satu perawatan untuk membersihkan organ kewanitaan. Tetapi walaupun tujuannya adalah membersihkan, douching sangat tidak disarankan karena justru akan membunuh bakteri baik yang terdapat dalam organ kewanitaan dan kuman akan semakin leluasa berkembang biak. Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Public Health, Douching akan menurunkan resiko kehamilan sebanyak 30%.

Pembalut Yang Tepat

Menstruasi merupakan siklus yang pasti dialami oleh wanita di usia produktif. Proses tersebut tentu akan membuat area seputar organ kewanitaan menjadi lembab. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan selama periode menstruasi. Salah satu caranya adalah dengan rajin mengganti pembalut dan gunakan pembalut yang tepat. Gunakan pembalut yang higienis dan diproses secara alami yaitu pembalut herbal.


Pembalut Herbal

 

Itulah beberapa tips atau cara menjaga organ kewanitaan agar tetap bersih. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!