Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Wanita Hamil

Kehamilan merupakan suatu moment yang pasti ditunggu-tunggu oleh wanita yang sudah menikah. Meskipun menyenangkan dan membahagaikan, tetapi momen-momen saat hamil merupakan momen yang cukup sulit dan penuh jalan berliku karena ada banyak sekali masalah yang seringkali timbul. Susah tidur merupakan salah satu masalah yang kerapkali menghampiri seorang calon ibu. Padahal, tidur yang cukup bisa membuat anda rileks dan terbebas dari stres yang mana hal ini baik untuk wanita hamil. Selain itu, tidur yang cukup juga bisa membantu mengurangi rasa sakit selama masa kehamilan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? berikut ini adalah beberapa tips dan cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil.

Gunakan Bantal Khusus Wanita Hamil

Umumnya, penyebab susah tidur pada wanita hamil adalah karena perut yang sudah membesar sehingga kesulitan menentukan posisi tidur yang nyaman. Untuk mengatasinya, gunakanlah bantal khusus untuk ibu hamil. Bantal tersebut dibuat dengan bentuk yang tidak biasa dan disesuaikan dengan bentuk tubuh wanita hamil sehingga memberikan kenyamanan ketika digunakan ibu hamil. Selain itu, bantal khusus wanita hamil juga mempunyai bahan yang lebih lembut dari bantal biasanya sehingga anda akan merasa aman ketika tidur. Untuk mendapatkan bantal khusus ibu hamil, anda bisa membelinya secara online dengan harga yang cukup murah disini.

Siapkan Camilan

Cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil selanjutnya adalah dengan menyiapkan camilan didekat tempat tidur. Biasanya wanita hamil seringkali merasakan mual, dan jika hal tersebut terus dibiarkan akan menyebabkan susah tidur. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi camilan, karena camilan bisa membantu meredakan mual.

Jangan Minum Kopi Atau Teh

Jika anda ingin tidur nyenyak, sebaiknya hindarilah minum teh atau kopi sebelum tidur. Mengapa? karena kopi dan teh merupakan jenis minuman yang memiliki kandungan kafein yang bisa mengakibatkan insomnia. Selain itu, kedua minuman ini juga bisa merangsang produksi urine. Akibatnya, anda jadi lebih sering bolak balik ke kamar mandi dan waktu tidur anda jadi berkurang.

Mengatur Jadwal Tidur

Cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil berikutnya adalah dengan mengatur jadwal tidur. Jadwal tidur yang teratur akan menciptakan suatu kebiasaan tidur dan terprogram oleh alam bawah sadar. Jadi, usahakanlah untuk memiliki kebiasaan tidur cepat. Selain itu, tidur selama 30 menit di siang hari juga membantu menghilangkan insomnia.

Olahraga Ringan

Olahraga sangat penting, baik untuk wanita yang sedang tidak hamil ataupun wanita hamil. Tetapi tentu saja, porsinya berbeda antara wanita hamil dan wanita yang tidak hamil. Untuk wanita hamil, lakukanlah olahraga ringan seperti jalan santai setiap pagi dan sore. Hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan membuat tidur anda jadi lebih nyenyak.

Itulah beberapa tips atau cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!