Cara Atau Tips Menjaga Kebersihan Organ Intim Saat Haid

Menstruasi atau haid merupakan suatu siklus yang dialami oleh wanita dewasa setiap 1 bulan sekali. Haid ditandai dengan adanya perubahan fisiologis pada tubuh wanita. Ketika haid, tubuh akan mengeluarkan darah melalui organ intim. Selain perubahan fisiologis, haid juga biasanya akan mempengaruhi kondisi psikologis. Merasa lebih sensitif, emosian dan mood tidak menentu merupakan beberapa contoh gejalanya. Selain itu, hal yang paling sering dirasakan oleh wanita saat datang bulan adalah merasa tidak nyaman. Ya, seringkali rasa tidak nyaman tersebut membuat wanita lupa untuk menjaga kebersihan organ intimnya. Padahal, menjaga kebersihan area kewanitaan selama haid sangat penting sekali. Untuk membantu anda menjaga kesehatan area kewanitaan, Berikut ini adalah beberapa cara atau tips menjaga kebersihan organ intim saat haid.

Hindari Menyabuni Area Kewanitaan

Untuk menyeimbangkan bakteri buruk dan bakteri baik, organ intim mempunyai mekanisme dan caranya sendiri. Menyabuni organ intim malah beresiko membunuh bakteri baik dan menimbulkan infeksi. Jadi, usahakan anda tidak menyabuni miss V dengan produk apapun. Untuk menjaga kebersihannya, cukup gunakan air bersih saja.

Gunakan Pembalut Herbal

Cara atau tips menjaga kebersihan organ intim saat haid berikutnya adalah dengan menggunakan pembalut herbal. Dibandingkan dengan pembalut reguler, pembalut herbal jauh lebih aman dan lebih sehat karena tidak mengandung florensen, zat pemutih, dan zat dioxin yang bisa menyebabkan kanker rahim. Selain itu, pembalut herbal juga mampu membasmi kuman dan menjadi antiseptik yang baik. Pembalut herbal juga mengandung bahan alami yang dapat mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan, infeksi, gatal, dan lain-lain.


Pembalut Herbal

 

Basuh Dari Depan Ke Belakang

Saat anda ingin membersihkan Miss V, basuhlah dari depan ke belakang. Mengapa? karena jika anda membasuh dari belakang ke depan, hal ini akan beresiko bakteri dari anus masuk ke dalam organ intim. Efeknya, resiko timbulnya infeksi menjadi lebih besar.

Bersihkan Organ Intim Sebelum Ganti Pembalut

Sebelum ganti pembalut, usahakan untuk membersihkan organ intim terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mencegah bau tak sedap dan untuk menjaga kebersihan Miss V. Ketika membersihkan organ kewanitaan, perhatikanlah permukaan kulit disekitar selangkangan. Karena biasanya, darah haid akan mengenai area tersebut.

Ganti Pembalut Sesering Mungkin

Cara atau tips menjaga kebersihan organ intim saat haid berikutnya adalah dengan mengganti pembalut sesering mungkin. Dilansir oleh thehealthsite.com, saat haid, darah yang keluar akan tercampur dengan organisme bawaan tubuh. Jika pembalut jarang diganti, organisme ini akan cepat berkembang biak. Efeknya, akan meningkatkan resiko terjadinya ruam-ruam kulit, infeksi vagina dan infeksi saluran kemih. Jadi untuk menghindari hal tersebut, usahakan mengganti pembalut sesering mungkin. Idealnya 3 jam sekali, tapi jika darah yang keluar sedang banyak-banyaknya, anda bisa mengganti pembalut 2 jam sekali.

Cuci Tangan Setiap Selesai Menyentuh Pembalut

Pastikan anda mencuci tangan dengan bersih setiap anda selesai membuang pembalut atau menyentuh pembalut. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan bagian tubuh lainnya yang mungkin saja bisa terkena darah menstruasi. Jika perlu, selalu bawa tissue basah ataupun gel pencuci tangan.

Itulah beberapa cara atau tips menjaga kebersihan organ intim saat haid. Selain memperhatikan beberapa tips diatas, jangan lupa juga mandi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan miss V. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!