Akibat Kebanyakan Tidur Bagi Wanita

Biasanya, dalam semalam orang dewasa hanya membutuhkan waktu tidur selama tujuh sampai sembilan jam. Tetapi seringkali kita melakukan “balas dendam” ketika liburan atau akhir pekan dengan tidur lebih lama dari biasanya. Tetapi faktanya, terlalu banyak tidur mempunyai dampak buruk bagi kesehatan khususnya anda yang wanita. Karena menurut beberapa penelitian ada beberapa efek buruk yang akan anda alami seperti sulit hamil dan masalah obesitas. Lalu selain itu apa lagi dampak negatif dari kebanyakan tidur? berikut ini adalah beberapa efek buruk akibat kebanyakan tidur bagi wanita yang dikutip dari huffingtonpost.com.

Resiko Obesitas

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Quebec, ditemukan fakta bahwa jika dibandingkan dengan orang yang tidur tujuh sampai delapan jam permalam, orang yang tidur lebih dari 8 jam permalam 25% lebih beresiko mengalami kenaikan berat badan sebesar 5 kg walaupun dia sudah mengontrol nafsu makannya.

Orang yang terlalu banyak tidur mempunyai resiko kenaikan berat badan yang sama besar dengan orang yang kurang tidur. Jadi jika anda ingin menjaga berat badan anda tetap ideal, cukupi kebutuhan tidur anda, jangan lebih dan jangan juga kurang. Selain itu, perhatikan juga Cara Tidur Yang Benar Agar Langsing.

Resiko Diabetes

Dari penelitian yang sama juga ditemukan bahwa toleransi glukosa akan terganggu atau diabetes tipe 2 lebih berpeluang dialami oleh orang yang kebanyakan tidur sebanyak 2 kali lipat. Nah, itulah mengapa resiko terserang diabetes menjadi dampak buruk akibat kebanyakan tidur bagi wanita.

Susah Hamil

Efek buruk akibat kebanyakan tidur bagi wanita berikutnya adalah susah hamil. Hal ini berdasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2013 di korea. Dari hasil penelitian tersebut dihasilkan fakta bahwa wanita yang tidur 7 sampai 8 jam permalam lebih berpeluang hamil dibandingkan dengan wanita yang tidur selama 9 sampai 11 jam. Penelitian tersebut dilakukan pada 650 wanita yang sedang menjalani proses pembuahan sperma dan sel telur di luar tubuh wanita atau disebut dengan vitro fertilization.

Meskipun begitu, penemuan tersebut tidak langsung menandakan adanya sebab akibat. Seorang reproductive endocrinologist yaitu Dr. Evan Rosenbluth mengatakan bahwa sebetulnya dampak terlalu banyak tidur terhadap kesuburan wanita agak sulit untuk dipastikan. Karena dalam hal infertilitas, masih banyak hal lain yang dapat mempengaruhi meskipun memang kebanyakan tidur bisa mengubah siklus menstruasi, sekresi hormon, dan ritme sirkadian.

Merusak Otak

Pada tahun 2012 telah dilakukan sebuah penelitian pada wanita lanjut usia mengenai hubungan fungsi otak dengan waktu tidur. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa kurang tidur atau kebanyakan tidur dapat memperparah fungsi otak selama 6 tahun. Maka dari itu, jika anda tidur kurang dari 5 jam atau lebih dari 9 jam per malam akan beresiko mengalami gangguan otak.

Meningkatkan Resiko Depresi

Dampak negatif akibat kebanyakan tidur bagi wanita yang berikutnya adalah bisa meningkatkan resiko depresi. Hal tesebut berdasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2014. Orang yang tidur lebih dari 9 jam mempunyai heratibilitas sebanyak 49% terkena gejala depresif, sementara orang yang tidur 7 sampai 9 jam mempunyai heratibiltas sebanyak 27%. Sebagai catatan, orang yang menjadi objek penelitian tersebut adalah orang dewasa kembar.

Meningkatkan Resiko Gangguan Jantung

Dari hasil penelitian tahun 2012 yang dipresentasikan dalam pertemuan American College of Cardiology mengemukakan bahwa kebanyakan tidur bisa meningkatkan resiko gangguan jantung. Dari data 3000 orang yang dianalisa, ditemukan bahwa orang yang sering tidur mempunyai resiko 1,1 kali lipat terserang penyakit arteri koroner dan 2 kali lipat terserang angina.

Itulah beberapa efek buruk akibat kebanyakan tidur bagi wanita yang perlu anda ketahui. Tidur memang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kondisi fisik kita agar tetap fit. Tapi jangan sampai tidur itu malah merusak kesehatan kita. Tidurlah secukupnya, jangan kurang dan jangan juga berlebihan. Sekian dan semoga bermanfaat.

programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!