Tips Sehat Saat Duduk Lama Di Depan Komputer

Bagi para pekerja kantoran, duduk seharian di depan layar monitor tentu bukanlah hal yang asing lagi. Tidak jarang, saking sibuk dan banyaknya pekerjaan, sampai-sampai duduk sepanjang waktu hingga larut malam. Padahal, duduk sepanjang hari dalam waktu yang lama sangat buruk untuk kesehatan. Terlebih lagi jika anda tidak banyak bergerak dan jarang berolahraga. Beberapa masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker, obesitas dan sakit kepala bisa muncul jika anda terlalu lama duduk di depan layar komputer. Mengerikan bukan? namun anda tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa tips sehat saat duduk lama di depan komputer.

Pakai Teknik Pomodoro

Apa itu teknik pomodoro? dikutip dari time.com, teknik pomodoro adalah teknik bekerja full selama 25 menit lalu istirahat selama 5 menit. Dalam Bahasa Italia, pomodoro artinya adalah tomat. Hal ini berhubungan dengan timer dapur yang berbentuk seperti tomat. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas namun tetap memberikan waktu istirahat yang cukup.

Jalan Kaki Setiap Satu Jam

Tips sehat saat duduk lama di depan komputer berikutnya adalah jalan kaki setiap satu jam sekali. Anda bisa melakukannya dengan cara berjalan di tempat, jalan-jalan disekitar kantor, mampir ke pantry ataupun ke toilet. Jika perlu, anda bisa memasang alarm setiap jam sekali untuk melakukannya. Hal tersebut bertujuan agar aliran darah lancar, kalori tubuh bisa terbakar dan bekerja pun jadi nyaman.

Bekerja Sambil Berdiri

Pilihlah meja kerja yang cukup tinggi bila memang hal tersebut memungkinkan. Tujuannya adalah agar anda sesekali bisa bekerja sambil berdiri. Dengan begitu, punggung anda tidak akan merasakan beban yang berlebihan. Selain itu, aliran darah juga bisa menjadi lancar jika anda sesekali berdiri beberapa menit. Saat ini, banyak tersedia meja kantor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti sit-stand workstation atau standing desk.

Duduk Tegak

Tidak jarang, pekerja kantoran yang sehari-harinya duduk di depan layar komputer tubuhnya menjadi bungkuk. Hal ini disebabkan karna posisi duduk yang tidak benar. Jadi, mulai hari ini usahakanlah untuk duduk dengan posisi yang tepat. Posisi duduk yang benar saat di depan komputer adalah dengan cara duduk tegak dengan posisi tangan sejajar dan menumpu pada meja. Bila perlu, gunakanlah bantal serbaguna untuk mengganjal punggung agar tetap nyaman dan mencegah bungkuk.

Atur Posisi Monitor

Tips sehat saat duduk lama di depan komputer berikutnya adalah dengan mengatur posisi monitor dengan baik. Bagaimana caranya? dikutip dari time.com, aturlah posisi pinggiran atas layar monitor hingga sejajar dengan pandangan mata. Sehingga saat mengetik, anda tidak perlu menundukkan kepala lebih dari 10 derajat. Posisi monitor yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan mata kering, sedangkan posisi monitor yang terlalu rendah dapat mengakibatkan nyeri punggung dan leher.

Itulah beberapa tips sehat saat duduk lama di depan komputer. Dengan menjalankan tips-tips tersebut, diharapkan anda tidak akan mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius meskipun harus bekerja 8 jam dalam sehari. Sekian dan semoga bermanfaat.


Tips Sehat Saat Duduk Lama Di Depan Komputer

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!