Tips Mengatasi Kekurangan Darah

Kita mungkin pernah mengalami kepala terasa berkunang-kunang, tubuh lemas, mudah mengalami kelelahan atau sering mengantuk. Gejala-gejala tersebut merupakan tanda bahwa seseorang mengalami kekurangan darah. Kekurangan darah bisa menggangu seseorang dalam melakukan suatu aktifitas. Bahkan bisa berakibat fatal jika kekurangan darah kita berada di luar batas normal. Anemia atau gejala kurang darah adalah keadaan tubuh yang kekurangan kadar hemoglobin dalam darah merah.  Anemia juga bisa diakibatkan tubuh mengalami kekurangan zat besi. Jika sehari-hari kita mengalami anemia, maka kegiatan harian kita akan mengalami gangguan dan bisa berakibat pada kurang produktifnya kinerja kita. Untuk mengatasinya, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi kekurangan darah.

Penyebab Anemia

Untuk mengatasi hal demikian, mau tak mau kita harus mencari solusi mengatasinya agar tidak berdampak serius pada kesehatan dan keseharian. Sebelum mengetahui cara menangani anemia, perlu juga dibahas penyebab anemia. Penyebab pertama anemia adalah kekurangan sel darah merah dalam jumlah yang banyak. Kurang darah karena hamil, menstruasi atau suatu kecelakaan juga bisa menimbulkan anemia.

Tips Mengatasi Kekurangan Darah

Tips Kesehatan di bawah ini akan membantu kita mengatasi anemia atau kekurangan darah. Pertama, anemia disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang mengandung zat besi dan kandungan lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi, vitamin dan lainnya mutlak diperlukan tubuh. Buah maupun sayuran adalah makanan yang memenuhi unsur zat besi bagi tubuh. Daging dan ikan juga bisa menjadi pilihan untuk menambah darah. Namun perlu diperhatikan bahwa konsumsi daging tidak boleh berlebihan. Karena daging mengandung lemak yang banyak.

Kedua, banyak minum air putih. Dalam dunia kesehatan air putih yang cukup akan membantu memperlancar metabolisme tubuh, termasuk melancarkan sirkulasi darah.

Ketiga, lakukan olahraga ringan dengan teratur agar tubuh lebih segar. Istirahat yang cukup juga penting guna menjaga tubuh tetap stabil.

Keempat, menggunakan ramuan alami seperti jahe maupun bubur kacang hijau dapat membantu memulihkan dan menambah darah. Jahe diolah dengan cara direbus hingga matang, lalu airnya diminum.

Kelima, mengkonsumsi obat anemia juga penting. Obat anemia dapat membantu tubuh untuk mengatasi kekurangan darah.

Demikianlah tips mengatasi kekurangan darah atau anemia. Semoga bermanfaat.


Tips Mengatasi kekurangan darah

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!