Tips Mengatasi Bau Pada Kaki

Pernahkah kita mengalami bau pada kaki atau mencium aroma bau kaki saat berada di tempat terbuka? Ketika masih berada di bangku sekolah aroma kaki yang berbau hampir sering terjadi. Teman di samping mungkin akan menjauhi kita karena bau yang menyengat. Orang di sekitar merasa terganggu dengan bau yang meresahkan tersebut. Bau kaki walaupun nampak sepele namun bisa membuat segalanya jadi berantakan. Jika berada di tengah kumpulan teman maupun anggota keluarga, kaki yang berbau bisa menimbulkan suasana menjadi kacau dan buyar. Bagaimanakah kiat sederhana menghilangkan bau pada kaki dan tips mengatasi bau pada kaki? Apakah hanya dengan membersihkan sepatu atau kaos kaki saja atau ada cara lain? Nampaknya mulai sekarang kita harus benar-benar serius menyingkirkan bau tak sedap yang sering muncul di kaki itu.

Penyebab Bau Kaki

Kaki yang berbau disebabkan oleh beberapa hal di antaranya keringat yang berada di kaki bercampur dengan bakteri atau kuman. Kaki yang tertutup dengan kaos kaki dan sepatu di daerah beriklim tropis juga berpotensi menimbulkan bau kaki, jika keringat di area kaki bercampur dengan kotoran debu dan lain sebagainya. Kaos kaki, sepatu atau sandal yang kita kenakan dalam keadaan kotor, lembab dan masih basah juga bisa menimbulkan bau kaki.

Nah, setelah kita mengetahui penyebabnya, selanjutkan kita bisa menyingkirkan bau kaki dengan mencegah dan mengatasinya dengan cara berikut ini.

Menyingkirkan Bau Tak Sedap Kaki

Sebagaimana disebutkan di awal, bau kaki bukan semata-mata berasal dari sepatu atau kaos kaki kotor, namun juga berasal dari kaki yang tidak bersih. Kiat berikut barangkali bermanfaat bagi kita untuk mencegah dan menghilangkan bau tak sedap kaki.

  1. Gunakan selalu sandal, kaos kaki dan sepatu yang bersih dan kering, hindari memakai kaos kaki dan alas kaki yang lembab dan basah.
  2. Tips mengatasi bau pada kaki yang berikutnya adalah gunakan kertas atau tisu di sepatu atau kaos kaki yang kita kenakan. Kertas/tisu tersebut dapat menyerap keringat yang keluar di area sekitar kaki.
  3. Bersihkanlah kaki dengan air bersih sebelum menggunakan sandal atau sepatu. Gunakan sabun untuk mencuci kaki, lalu keringkan. Setelah selesai memakai sepatu pun kaki harus dibersihkan untuk menghilangkan keringat atau jamur yang ada di kaki.
  4. Merendam kaki di air yang dicampur dengan perasan air jeruk atau lemon. Hal ini berguna untuk membersihkan kaki dari bakteri dan dapat menjaga kelembaban kaki.
  5. Potonglah kuku kaki yang panjang. Kuku dapat menyebabkan kaki berbau karena kotoran atau bakteri yang masih menempel di kuku.
  6. Tips mengatasi bau pada kaki yang terakhir adalah gunakan obat kaki. Kita juga bisa menggunakan obat kaki untuk membersihkan kaki dari berbagai jamur yang muncul di sela-sela jari kaki.

Tips-tips di atas sangat praktis untuk kita terapkan. Kaki yang bersih dan bebas dari bau tentunya menjadi kebahagian tersendiri bagi kita. Tidak lagi dijauhi teman atau orang di sekitar karena bau kaki. Beraktivitas pun menjadi lancar.

Demikianlah tips mengatasi bau pada kaki. Sekian dan semoga Bermanfaat… 🙂

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!