Tips Agar Tidak Mudah Sakit Saat Cuaca Tak Menentu

Ada banyak hal yang menjadi penyebab seseorang jatuh sakit. Mulai dari lemahnya ketahanan tubuh seseorang hingga faktor lingkungan yang kumuh atau tidak bersih. Tetapi selain itu, faktor cuaca juga seringkali membuat kita kesulitan untuk menjaga kesehatan. Akibatnya, tubuh jadi tidak fit dan gampang sakit. Cuaca ekstrim atau mudah berubah-ubah kerapkali membuat kita jatuh sakit karena tubuh tidak mampu menyesuaikan diri dengan cepat. Terlebih lagi jika memang daya tahan tubuh kita lemah. Hal tersebut tentu membuat virus atau bakteri penyebab penyakit mudah masuk ke dalam tubuh. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? berikut ini adalah beberapa tips agar tidak mudah sakit saat cuaca tak menentu.

Jaga Kebersihan Tangan

Cucilah kedua tangan anda sesering mungkin, terlebih lagi jika anda merasa telah menyentuh sesuatu yang banyak mengandung kuman atau bakteri. Selain itu, pastikan juga agar anda mengeringkan kedua tangan dengan cepat karena bakteri masih bisa melekat di kedua tangan yang basah. Jangan lupa juga untuk mengganti handuk yang basah dengan yang kering secara rutin.

Olahraga Minimal 30 Menit Per Hari

Tips agar tidak mudah sakit saat cuaca tak menentu berikutnya adalah olahraga minimal 30 menit dalam sehari. Manfaat dari olahraga minimal 30 menit sehari adalah dapat melancarkan aliran darah dan dampaknya seluruh tubuh akan mendapatkan sel-sel imun sehingga anda jadi tidak mudah sakit dan lebih tahan akan serangan virus atau bakteri.

Kurangi Konsumsi Yang Manis-Manis

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Loma Linda University, konsumsi 6 sdm gula (seperti madu, jus jeruk dan minuman manis lainnya) dalam sehari akan mengakibatkan sel-sel darah putih tidak mampu lagi melawan virus dan bakteri serta tidak dapat mencegah terjadinya infeksi. Lebih jauh, sistem imun tubuh pun akan mengalami penurunan sesudah kita konsumsi makanan dan minuman yang manis-manis.

Sementara itu untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, anda bisa mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih mengandung Alisin yang dapat melawan virus dan bakteri. Jadi agar anda tidak mudah sakit, kurangilah makanan dan minuman yang manis dan jangan lupa konsumsi dua siung bawang putih setiap hari.

Lakukan Meditasi Ringan

Meditasi ringan menjadi salah satu tips agar tidak mudah sakit saat cuaca tak menentu. Mengapa? hal ini berhubungan dengan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 oleh University of Wisconsin yang menyatakan bahwa pikiran bisa menekan resiko terkena flu sebanyak 40 sampai 50 %. Dengan bermeditasi, kita dapat mengurangi resiko stres yang dapat berpengaruh pada kondisi fisik.

Selain itu, usahakan juga untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Karena sistem imun juga perlu istirahat supaya tetap sehat. Selain itu, orang-orang yang tidur kurang dari 8 jam per hari mempunyai resiko terkena flu hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidur 8 jam per hari.

Banyak Minum Air Putih

Dilansir oleh prevention.com, seorang kepala petugas medis di Bastyr Centre untuk Natural Healt di Seattle yaitu Jamey Wallace, MD,  mengungkapkan bahwa infeksi bisa dicegah dengan cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Beliau juga memaparkan bahwa sel-sel imun dan selaput lendir di sekresi berfungsi untuk membunuh virus penyebab flu. Nah, jika kita dehidrasi, fungsinya tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik. Jadi, jangan lupa untuk banyak minum air putih setiap hari.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!