Tips Agar Mudah Buang Air Besar (BAB)

BAB atau buang air besar merupakan salah satu hal yang penting bagi kesehatan tubuh. Karena dengan BAB tubuh mengeluarkan kotoran dari sisa-sisa makanan yang diproses oleh tubuh. Saat ini, tidak sedikit orang yang mengalami susah buang air besar atau sembelit atau konstipasi. Sebagian diantaranya mengeluh BAB tidak teratur. Padahal, BAB yang tidak teratur dapat menyebabkan kesehatan tubuh terganggu. Racun-racun yang semestinya dikeluarkan bersama dengan kotoran malah tertahan di usus dan bisa berakibat buruk untuk tubuh seperti perut menjadi buncit, kegemukan, dan lain sebagainya. Beberapa penyebab sembelit atau susah buang air besar diantaranya adalah stres, jadwal tidak menentu, gaya hidup tidak sehat, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, berikut ini adalah beberapa tips agar mudah buang air besar (BAB).

  • Tips agar mudah buang air besar yang pertama adalah dengan makan makanan yang mengandung probiotik serta mengkonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung serat. Meskipun tips ini klasik, tetapi sudah terbukti keampuhannya.
  • Tips melancarkan buang air besar secara alami berikutnya adalah dengan mengkonsumsi secangkir teh panas tiap pagi. Selain membantu merangsang fungsi usus, teh panas juga bisa membantu melancarkan pembuangan racun dalam tubuh.
  • memijat lembut otot perut bisa anda lakukan sebagai cara untuk melancarkan buang air besar. Lakukan pijatan selama beberapa menit, hal ini dipercaya dapat membantu melancarkan proses buang air besar.
  • Jalan-jalan ringan merupakan salah satu cara mudah agar cepat bab yang dapat anda lakukan. Ya, anda cukup berjalan selama 5 menit di sekitar rumah untuk membantu melancarkan BAB.
  • Sebagian orang melakukan squats agar BAB nya lancar. Dan ternyata, hal tersebut berhasil. Karena squats membantu melatih seseorang untuk jongkok. Seperti kita ketahui bahwa posisi jongkok sangat baik untuk fungsi usus. Jadi, lakukanlah squats sebanyak 10 kali agar BAB anda lancar.
  • Tips supaya BAB lancar setiap hari yang terakhir adalah banyak minum air putih hangat.¬†Untuk menambah rasa, anda dapat menambahkan beberapa tetes lemon di dalamnya. Mengapa minum air putih hangat? karena air putih hangat dapat membantu melancarkan feses keluar. Untuk menambah rasa, anda dapat menambahkan beberapa tetes lemon di dalamnya.

Itulah beberapa cara atau tips agar mudah buang air besar (BAB). Ingat, Buang air besar yang lancar juga dapat melancarkan kondisi kesehatan dan aktivitas seseorang. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!