Tanda Dan Gejala Osteoporosis Di Usia Muda

Jika anda berpikir osteoporosis hanya akan terjadi ketika memasuki usia lanjut, maka anda salah besar. Karena saat ini osteoporosis bisa terjadi di usia muda yaitu sekitar usia 20 tahunan. Osteoporosis lebih banyak dialami oleh wanita, kekurangan produksi hormon estrogen merupakan penyebab dari osteoporosis. Tidak adanya gejala spesifik menyebabkan osteoporosis menjadi salah satu penyakit berbahaya yang menyerang tulang. Untuk mendiagnosa penyakit osteoporosis diperlukan pemeriksaan laboratorium, densitometri, dan tes CT. Tetapi meskipun tidak ada gejala yang spesifik, anda bisa menduga-duga bahwa anda mengalami osteoporosis di usia muda dengan beberapa tanda atau gejala yang muncul. Dikutip dari www.healthline.com, berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala osteoporosis di usia muda.

Mengalami Kram Otot

Kram otot merupakan salah satu tanda dan gejala osteoporosis di usia muda. Selain itu, jika badan anda sering mengalami pegal-pegal dan gangguan tidur, itu juga merupakan tanda osteoporosis.

Nyeri Pada Tulang

Tanda osteoporosis yang paling umum adalah nyeri pada tulang dan terjadi terus menerus. Tetapi banyak orang yang tidak menyadari dan mengabaikannya karena mereka menganggap bahwa nyeri tersebut hanyalah rasa ngilu biasa.

Pertumbuhan Terhambat

Tanda dan gejala osteoporosis di usia muda yang bisa langsung anda rasakan adalah pertumbuhan yang terhambat dan imunitas tubuh yang menurun. Tinggi tubuh anda tidak optimal, dan karena sistem imun yang menurun maka anda akan lebih mudah terserang penyakit.

Patah Tulang Tungkai

Pada umumnya penderita osteoporosis akan mengalami patah tulang tungkai. Tulang tungkai tersusun atas tulang bagian luar dan tulang bagian dalam. Nah, biasanya penderita osteoporosis akan mengalami patah tulang tungkai bagian luar.

Sakit Pinggang

Sakit pinggang juga merupakan tanda atau gejala osteoporosis. Jika  anda sering mengalami sakit pinggang, sebaiknya anda waspada agar terhindar dari osteoporosis.

Itulah beberapa tanda atau gejala osteoporosis di usia muda. Hal yang dapat anda lakukan agar terhindar dari osteoporosis adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. Sekian dan semoga bermanfaat.. 🙂

Baca Juga : Osteoporosis Dan Pengapuran Sendi, Osteoarthritis adalah, Cara Menghilangkan Kolesterol Dalam Tubuh, Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Pentingnya Protein Untuk Perempuan, Manfaat Minum Susu Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!