Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Demam Berdarah

Saat ini kita akan segera memasuki musim pancaroba, dan tentu hal ini membuat kita harus lebih waspada. Karena di musim ini merupakan puncaknya perkembangan populasi nyamuk, terutama nyamuk demam berdarah. Dan hal ini akan meningkatkan resiko terkena penyakit demam berdarah dan penyakit lainnya yang diakibatkan oleh nyamuk. Untuk mengurangi resiko tersebut, kita bisa mengakalinya dengan menanam beberapa jenis tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk demam berdarah. Selain aromanya yang dapat mengusir nyamuk, keuntungan yang dapat kita peroleh adalah akan membuat rumah kita tampak lebih indah dan cantik. Lalu apa saja tanaman yang dapat mengusir nyamuk demam berdarah? berikut ini adalah tanaman hias pengusir nyamuk demam berdarah.

Ageratum

Dibalik bentuknya yang menawan tidak ada yang menyangka jika tanaman ini memiliki kemampuan mengusir nyamuk. Tanaman yang lebih dikenal dengan nama bandotan ini mempunyai coumarin, yang merupakan salah satu bahan untuk membuat obat anti nyamuk. Ageratum membutuhkan banyak sinar matahari, jadi untuk itu usahakan menanam tanaman ini di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Hal yang perlu anda ingat adalah tanaman ini bisa mengakibatkan iritasi apabila anda menggosokkannya pada kulit.

Marigold

Tanaman hias pengusir nyamuk demam berdarah yang berikutnya adalah marigold. Tanaman yang lebih dikenal dengan sebutan kenikir atau mitir ini memiliki kandungan phyrethrum yang berfungsi sebagai insektisida alami. Jadi selain nyamuk, tanaman ini juga akan mencegah adanya serangga. Untuk meletakkan tanaman berbentuk bunga ini sebaiknya di depan pintu masuk atau di jendela dan jangan bawa masuk ke dalam rumah karena bisa mengundang lebah.

Horsemint

Sama seperti marigold, tanaman ini juga berbentuk bunga yang cantik dan dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Sistem indera pembau pada nyamuk akan terganggu karena adanya aroma yang dikeluarkan oleh horsemint. Jadi nyamuk akan segera pergi meninggalkan tempat yang ada tanaman ini. Anda dapat meletakkan tanaman ini di meja ruang tamu atau di taman agar lebih cantik. Tanaman ini akan mengundang banyak kupu-kupu karena aroma horsemint sangat disukai binatang tersebut.

Citronella

Tidak seperti tanaman lainnya, citronella memang tidak memiliki bunga tetapi akan membuat suasana rumah menjadi segar karena warna hijau dari tanaman ini. Citronella sering digunakan sebagai bahan untuk membuat obat anti nyamuk. Anda dapat menanamnya di dalam pot kecil dan diletakkan di depan rumah atau ditanam di pekarangan bersama tanaman hias lainnya.

Itulah beberapa tanaman hias pengusir nyamuk demam berdarah yang bisa anda gunakan untuk mengurangi resiko penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk. Selain menggunakan tanaman hias tersebut, jangan lupa juga untuk selalu menerapkan 3 M (menutup, menguras, menimbun). Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga : Menghilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk Secara Alami, Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Asam Urat, Manfaat Tanaman Lidah Buaya, Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Asam Urat, Khasiat Air Kelapa Muda Untuk Kecantikan, Cara Mengobati Batuk Dengan Ramuan Tradional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!