Rheumatoid Arthritis Adalah

Rheumatoid Arthritis Adalah

Apa itu rheumatoid arthritis? rheumatoid arthritis adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh autoimun. Gangguan autoimun muncul pada saat sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk pertahanan dari penyusup, seperti jamur, bakteri, virus, keliru atau salah menyerang jaringan tubuh atau sel tubuh sendiri. Selain rheumatoid arthritis, ada banyak gangguan autoimun lain, misalnya penyakit lupus, multiple sclerosis, dan diabetes tipe-1. Pada penyakit rheumatoid arthritis, sistem imun tidak bisa mengenali jaringan tubuh sendiri dengan benda asing yang masuk, yang kemudian menyerang jaringan tubuhnya sendiri, dan secara khusus menyerang jaringan sinovium. Apa itu  sinovium? sinovium adalah selaput yang berbentuk tipis yang berguna untuk melapis persendian. Sehingga menyebabkan sendi rusak, bengkak, nyeri, meradang, kehilangan fungsi dan bahkan sampai cacat.

Rheumatoid arthritis adalah penyakit yang dapat menyerang hampir semua sendi, tetapi yang paling sering diserang adalah sendi di pergelangan tangan, buku-buku jari, lutut dan engkel kaki. Sendi-sendi lain yang mungkin diserang, yaitu sendi di tulang belakang, pinggul, leher, bahu, rahang, dan sambungan antar tulang sangat kecil di telinga bagian dalam.

Rheumatoid arthritis juga dapat mempengaruhi bagian organ tubuh, seperti jantung, pembuluh darah, kulit dan paru-paru. Serangan rheumatoid arthritis biasanya simetris, yaitu menyerang sendi yang sama di kedua sisi tubuh, berbeda dengan osteoarthritis yang terbatas pada salah satu sendi.

Meskipun rheumatoid arthritis adalah penyakit menahun dan sistemik, gejala serangannya datang dan pergi. Ada masa-masa ketika sendi menjadi lebih meradang dan menyakitkan yang disebut flare atau suar. Suar ini dapat terjadi tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, lalu diikuti dengan remisi atau masa-masa dengan sedikit peradangan. rematik bisa mengakibatkan kerusakan dan cacat permanen pada persendian, hal ini bisa terjadi pada satu pertama.

Sedangkan untuk penyebab rheumatoid arthritis belum diketahui sampai saat ini. Kombinasi berbagai faktor seperti infeksi virus, perubahan hormon dan kerentanan genetik menjadai dugaan sementara penyebab rheumatoid arthritis. Perempuan lebih mungkin terkena penyakit rheumatoid arthritis dibandingkan dengan laki-laki. Pada wanita yang sudah terkena rheumatoid arthritis , kehamilan dan menyusui dapat memperburuk kondisinya.

Baca Juga : Osteoarthritis adalah, Perbedaan Asam Urat, Osteoarthritis, dan Rheumatoid Arthritis, Common Cold Adalah, Cara Diet Untuk Mencegah Kanker, Batu Ginjal Asam Urat, Penyebab Penyakit Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!