Rahasia Kesehatan Dibalik Gerakan Sholat

Bagi umat muslim sholat merupakan kewajiban terhadap Alloh S.W.T, tapi pernahkah anda berfikir bahwa setiap gerakan sholat yang kita lakukan memiliki manfaat dari sisi kesehatan?. Dimulai dari takbiratul ihram hingga salam memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Banyak masyarakat yang belum mengetahui tapi mungkin mereka bisa merasakan manfaatnya tanpa disadari. Apa sebenarnya rahasia kesehatan dibalik gerakan sholat?

1. Takbiratul Ihram

Rahasia Kesehatan Dibalik Gerakan Sholat

Gerakan takbiratul ihram dapat melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan untuk menguatkan rongga dada. Selain itu juga untuk memperkuat otot-otot lengan terutama lengan bagian atas.

2. Rukuk

Rahasia Kesehatan Dibalik Gerakan Sholat

Gerakan rukuk bermanfaat untuk stretching atau peregangan bagian punggung dan lutut. Aliran darah akan maksimal pada tubuh bagian tengah karena posisi jantung sejajar dengan otak. Merelaksasi otot-otot bahu hingga kebawah dengan posisi tangan yang bertumpu pada lutut. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

3. I’tidal

Rahasia Kesehatan Dibalik Gerakan Sholat

I’tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerakan berdiri-bungkuk-berdiri-sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ -organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian . Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Sujud

Rahasia Kesehatan Dibalik Gerakan Sholat

Pada posisi ini membantu mengalirkan getah bening yang dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang.

5. Iftirosy (tahiyyat awal) dan Tawarruk (tahiyyat akhir)

Rahasia Kesehatan Dibalik Gerakan Sholat

Saat iftirosy kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. sedangkan duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretha), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens, ini akan mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerakan dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!