Perbedaan Asam Urat, Osteoarthritis, dan Rheumatoid Arthritis

Sebagai penyakit yang sama-sama masuk dalam kelompok radang sendi, penyakit osteoarthritis, arthritis reumathoid, dan penyakit asam urat memiliki kesamaan gejala. Namun, ketiganya juga memiliki perbedaan-perbedaan, baik dari penyebab maupun gejala-gejalanya. Apa saja perbedaan asam urat, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis ? berikut ini adalah penjelasannya, yuk kita simak.

  • Rheumatoid arthritis adalah peyakit yang dikarenakan oleh sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang jaringan sehat dan menyebabkan peradangan yang merusak sendi. Penyakit asam urat disebabkan oleh kelebihan asam urat di dalam tubuh (hiperurisemia) yang berlangsung bertahun-tahun, sehingga terjadi penumpukan asam yang mengristal di sendi yang terkena. Osteoarthritis adalah kerusakan dan keausan tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan. Penyebab osteoarthritis adalah proses penuaan, cedera, kelemahan tulang atau penggunaan sendi berulang/terlalu berat. Ketiga penyakit itu sama-sama menimbulkan rasa sakit, kekakuan, dan peradangan di persendian, tetapi polanya berbeda.
  • Rheumatoid arthritis dapat memengaruhi setiap sendi di tubuh, tetapi sendi tulang kecil di tangan dan kaki yang paling berpengaruh. Gout memengaruhi sendi yang lebih besar di pergelangan kaki, tumit, lutut, pergelangan tangan, jari, siku, dan lain-lain. Osteoarthritis paling umum menyerang bantalan sendi berat, seperti pinggul dan lutut.
  • Rheumatoid arthritis menimbulkan rasa nyeri atau rasa kaku pada persendian yang berkepanjangan (selama lebih dari setengah jam) di waktu pagi atau sesudah beristirahat panjang. Rasa kaku kibat penyakit asam urat hanya hadir ketika serangan terjadi, biasanya di malam hari setelah mengonsumsi makanan tinggi purin atau obat perangsang air seni (diuretik). Pada osteoarthritis, rasa sakit timbul setelah beraktifitas. Kekakuan di pagi hari hanya berlangsung singkat (kurang dari setengah jam) dan rasa sakit persendian dapat memburuk di sepanjang hari.
  • perbedaan asam urat, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis selanjutnya adalah Rheumatoid arthritis memengaruhi sendi yang sama di kedua sisi tubuh (simetris) meskipun pada awalnya mungkin hanya satu sisi. Penyakit asam urat dan osteoarthritis hanya melibatkan satu sendi tunggal.
  • Rheumatoid arthritis tiga kali lebih umum terjadi pada perempuan dan seringkali dimulai antara usia 25 dan 55. Asam urat lebih umum terjadi pada laki-laki, terutama mereka yang berusia antara 40 dan 50. Wanita lebih jarang terserang asam urat sebelum menopause. Osteoarthritis bisa menyerang laki-laki maupun perempuan, tetapi insidennya lebih umum terjadi pada mereka yang kelebihan berat badan. Pada umumnya pengembangan osteoarthritis dimulai pada usia yang lebih tua daripada rheumatoid dan asam urat.
  • Rheumatoid arthritis mungkin hanya berlangsung untuk waktu yang singkat atau gejala bisa datang dan pergi. Bentuk rheumatoid yang berat dapat berlangsung seumur hidup. Rasa sakit dan bengkak asam urat dapat hilang dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup. Bila timbul kembali, asam urat akan menyerang sendi yang sama atau sendi yang sama di sisi lain tubuh. Kerusakan sendi osteoarthritis bersifat permanen.
  • Rheumatoid arthritis dapat memengaruhi bagian tubuh selain sendi, seperti mulut, mata, ginjal, jantung, dan paru-paru, sehingga menyebabkan kelelahan ektrim, penurunan berat badan, dan malaise (lesu). Asam urat dan osteoarthritis hanya memengaruhi sendi.


Obat Herbal Asam Urat

 

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan asam urat, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis. Untuk mengobati asam urat, osteoarhritis dan rheumatoid arthritis sebaiknya konsumsilah obat asam urat herbal. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!