Penyebab Terjadinya Karang Gigi

Sebagai anggota tubuh yang berfungsi sebagai pengunyah makanan, gigi mempunyai peranan yang sangat penting karena makanan yang kita konsumsi semuanya berawal dari gigi dan akan dihancurkan lalu masuk ke dalam perut kita. Selain itu, gigi juga akan membuat seseorang terlihat menarik. Hampir semua orang mendambakan gigi yang rapih, putih, bersih dan sehat. Tetapi banyak juga orang yang tidak begitu memperhatikan kesehatan gigi mereka sehingga menyebabkan masalah pada gigi seperti gigi kuning, gigi berlubang dan karang gigi. Berbicara masalah karang gigi, ada beberapa kebiasaan yang tanpa anda sadari dapat menjadi penyebab terjadinya karang gigi. Apa saja kebiasaan itu? berikut ini adalah kebiasaan yang menjadi penyebab terjadinya karang gigi.

Tidak Gosok Gigi Secara Rutin

Ini merupakan kebiasaan buruk yang pertama yang dapat menyebabkan karang gigi membandel dan sulit dihilangkan. Jadi bagi anda yang sering melakukan kebiasaan buruk ini sebaiknya hilangkanlah kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang. Karena selain menjadi penyebab karang gigi, kebiasaan tidak gosok gigi secara rutin juga bisa mengakibatkan gigi berlubang dan sakit gigi.

Suka Makan Coklat Dan Permen

Suka makan coklat dan permen adalah kebiasaan selanjutnya yang dapat menyebabkan terjadinya karang gigi. Mungkin tidak akan menjadi masalah ketika anda makan coklat dan permen hanya sesekali saja. Tapi akan menjadi masalah ketika anda sangat menyukai coklat dan permen lalu anda mengkonsumsinya secara terus menerus. Jadi jangan kaget jika anda sangat menyukai coklat dan permen kemudian gigi anda akan berlubang, berkarang dan tidak sehat. Apalagi jika anda tidak menggosok gigi setelah mengkonsumsi kedua makanan tersebut.

Tidak Rutin Ke Dokter Gigi

Masih banyak sekali masyarakat kita yang mengabaikan untuk pergi ke dokter gigi secara rutin. Entah itu dengan alasan malas, sibuk, hingga menyepelekan kesehatan gigi. Padahal, pergi ke dokter gigi sangat dianjurkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi anda. Dengan begitu, gigi anda akan lebih mudah terkontrol. Pergi ke dokter gigi sangat disarankan sebanyak 1 kali dalam 6 atau 12 bulan. Nah, jika anda tidak pernah ke dokter gigi, hampir dipastikan bahwa pada gigi anda akan tumbuh karang gigi.

Tidak Mengonsumsi Buah Dan Sayur

Kemungkinan besar gigi anda akan bermasalah dengan yang namanya karang gigi, gigi berlubang hingga sakit gigi jika anda tidak mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Dan salah satu fungsi sayur dan nutrisi tersebut adalah dapat menjaga kesehatan gigi.

Itulah tadi beberapa penyebab terjadinya karang gigi. Selain itu, penyebab terjadinya karang gigi adalah merokok, konsumsi alkohol, tidak suka air putih, dll. Sekian dan semoga bermanfaat…

Baca Juga : Cara Merawat Gigi Agar Putih Dan Sehat Secara Alami, Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Secara Alami, Cara Merawat Gigi Bayi Yang Baru Tumbuh, Tips Meredakan Sakit Saat Bayi Tumbuh Gigi, Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami, Penyebab Kentut Bau Pada Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!