Penyebab Sering Terbangun Saat Tidur Malam

Apakah anda sering terbangun ketika tidur di malam hari? lalu apa sih penyebab sering terbangun saat tidur malam hari? kondisi dimana mata anda terbuka lebar ketika jam 2 atau 3 dini hari padahal anda sudah tertidur lelap sejak sekitar jam 10-11 malam ini dalam isitilah medis disebut mid-insomnia. Jika tidak terlalu sering, sebenarnya kondisi ini masih terbilang normal. Karena menurut seorang direktur klinis dari Behavioral Sleep Medicine Program di University of Pennsylvania yaitu James Findley, Ph.D, mengatakan bahwa setiap malam ada tiga siklus dalam tidur yaitu tidur ringan, tidur dengan kesadaran sedang hingga tidur nyenyak yang dalam. Tapi terkadang saat tidur nyenyak, tahapan tidur secara mendadak berubah ke fase tidur lebih ringan sehingga kemungkinan besar akan mudah terbangun.

Banyak orang yang mengalami terbangun di malam hari saat tidur atau istilahnya “tidur terpecah”. Tidur terpecah ini bisa diatasi dengan memperbaiki posisi tidur anda dan tidur kembali. Tetapi jika anda sulit tidur kembali bahkan sampai 30 menit dan sering terjadi sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, bisa dikatakan anda mengalami masalah yang lebih serius. Lantas, apa saja sih penyebab sering terbangun saat tidur malam hari?

Faktor Usia

Jam tidur seseorang akan berkurang seiring bertambahnya usia. Misalkan jam tidur hanya menjadi 4-5 jam sehari yang tadinya 7-8 jam sehari. Yang menyebabkan hal ini adalah kecenderungan terbangun di tengah-tengah tidur orang yang sudah paruh baya lebih tinggi. Dibandingkan dengan usia yang lebih muda, frekuensi terbangun tiba-tiba lebih besar pada orang yang usianya lebih tua. Biasanya kesulitan tidur akan semakin bertambah jika anda semakin tua.

Gangguan Tidur

Selain mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak, para penderita insomnia juga cenderung sering terbangun di malam hari. Selain itu, sering terbangun di malam hari juga bisa dikarenakan sleep apnea. Apa itu sleep apnea? sleep apnea merupakan kondisi dimana seseorang berhenti bernafas untuk sementara selama beberapa detik (jeda nafas) saat tidur lalu secara tidak sadar orang tersebut membuka matanya.

Kondisi Tubuh

Penyebab sering terbangun saat tidur malam hari berikutnya adalah kondisi tubuh. Kadang kala kondisi tubuh juga bisa menjadi penyebab sering terbangun di malam hari. Kondisi tubuh yang seperti apa? misalnya perut kembung, perut lapar dan melilit. Selain itu, gangguan bipolar atau perubahan mood yang tiba-tiba dan orang yang mempunyai masalah kepanikan juga bisa menjadi penyebab sering terbangun saat tidur malam.

Faktor Lingkungan

Salah satu hal yang bisa menentukan kualitas tidur adalah kondisi kamar. Lingkungan yang bersih dan nyaman disekitar kamar tidur akan menghasilkan suasana yang kondusif agar bisa tidur lelap sampai esok pagi. Misalkan saja cahaya dari ruangan yang lain masuk ke kamar anda sehingga secara tidak sadar akan mengganggu tidur anda.

Itulah beberapa penyebab sering terbangun saat tidur malam. Jika mid-imsomnia atau terbangun ketika tidur di malam hari terjadi, James Findley, Ph. D, mengatakan ada 2 cara untuk mengatasinya yaitu:

  • Jika anda tidak bisa tertidur lagi setelah 20 menit, sebaiknya anda jangan berdiam diri di tempat tidur. Lakukanlah relaksasi seperti membaca buku, memecahkan teka-teki puzzle dan peregangan otot.
  • Jangan melihat tablet atau smartphone. Otak akan lebih aktif karena terstimulasi dari pancaran cahaya spektrum biru kedua benda elektronik tersebut. Efeknya mata anda akan tetap segar dan sulit untuk kembali tidur.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!