Penyebab Penyakit Hipertensi

Penyebab Penyakit Hipertensi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah diatas normal. Tekanan darah pada orang dewasa normal berkisar antara 100/70 mmHg sampai 140/80 mmHg. Tekanan darah seseorang dapat berubah setiap saat. Jika tekanan darah diatas normal maka akan terjadi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi sendiri dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu hipertensi esensial atau primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi esensial belum dapat dijelaskan mekanisme kerjanya. Tetapi riwayat keluarga akan mempengaruhi / kecenderungan menderita hipertensi esensial. Sementara itu, penyakit seperti yang terjadi pada ginjal atau pembuluh darah ginjal dan kelainan organis merupakan penyebab penyakit hipertensi sekunder. Selain itu juga, bisa terjadi karena kelainan endokrin dan pemakaian obat serta pola hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan hipertensi sekunder. Secara umum, penyebab penyakit hipertensi disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Faktor Genetik Atau Keturunan. Faktor keturunan memang selalu memainkan peranan penting dari timbulnya suatu penyakit yang dibawa oleh gen keluarga. Bila salah satu anggota keluarga atau orang tua memiliki tekanan darah tinggi, anak pun memiliki resiko yang sama. Bahkan, resiko tersebut lebih besar dibanding yang diturunkan oleh gen orang tua.
  2. Kolesterol. Kolesterol identik dengan lemak berlebihan yang tertimbun pada dinding pembuluh darah. Pembuluh darah yang dipenuhi dengan kolesterol ini akan mengalami penyempitan dan mengakibatkan tekanan darah meningkat.
  3. Komsumsi Garam Berlebihan. Garam mempunyai peluang yang sangat besar dalam meningkatkan tekanan darah secara cepat. Apalagi, pada mereka yang sebelumnya memiliki riwayat terhadap penyakit diabetes, hipertensi ringan, dan mereka yang berusia diatas 45 tahun.
  4. Obesitas / Kegemukan. Seseorang yang memiliki berat tubuh berlebihan atau kegemukan berpeluang besar terserang penyakit hipertensi.
  5. Usia. Usia juga mempengaruhi tekanan darah seseorang. Semakin bertambahnya usia, tekanan darah pun akan semakin meningkat. Namun, pada usia yang semakin tua tekanan darah dapat dikendalikan dengan tetap menjaga pola asupan makan, rajin berolahraga, dan melakukan pemeriksaan rutin tekanan darah.
  6. Gaya Hidup Tidak Sehat. Gaya hidup tidak sehat seperti stres, merokok, konsumsi kafein berlebihan, konsumsi alkohol, dan kurang berolahraga dapat meningkatkan resiko hipertensi.


programdetoksifikasi

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!