Penyebab Penyakit Ebola Pada Manusia

Penyakit ebola atau yang biasa disebut dengan Demam Berdarah Ebola merupakan penyakit yang sangat berbahaya sekali karena mempunyai tingkat kematian 50 hingga 90 % bagi penderitanya. Penyakit ebola juga telah ditetapkan oleh WHO sebagai wabah paling tinggi di dunia saat ini. Meskipun penyakit ebola belum ditemukan di indonesia, namun kita tetap harus waspada menghadapi penyakit ebola dengan cara mengetahui dahulu penyebab penyakit ebola. Untuk itu kita memang harus mengetahui penyebab penyakit ebola agar kita bisa melakukan tindakan pencegahan. Lalu apa saja penyebab penyakit ebola pada manusia ?

Penyakit ebola adalah suatu penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus melalui kontak langsung dan menyebar melalui darah dan cairan tubuh. Cairan tubuh yang dapat menularkan ebola adalah seperti air liur, tinja, urin, serta air mani. Sedangkan yang dimaksud kontak langsung adalah cairan tubuh seperti yang sudah disebutkan di atas menyentuh hidung, mulut, atau luka yang terbuka. Sedangkan penyebaran melalui udara belum tercatat kasusnya sampai saat ini. Pada awalnya virus hanya ditularkan oleh hewan yang terinfeksi, biasanya monyet dan kelelawar. Sedangkan kelelawar buah bisa menyebarkan virus ebola tanpa dia terinfeksi. Lingkungan sekitar juga beresiko menularkan penyakit ebola apabila lingkungan tersebut sudah terkontaminasi virus ebola seperti sprei, pakaian, dan jarum suntik yang pernah digunakan pada penderita ebola.

Apabila kita sudah mengetahui penyebab penyakit ebola pada manusia, hal yang tidak kalah penting yang perlu kita ketahui adalah cara mencegah penyakit ebola. Hal terpenting yang dapat kita lakukan adalah dengan mengurangi penyebaran virus ebola yang ditularkan oleh hewan seperti monyet, babi, dan kelelawar dengan cara memeriksa hewan tersebut dari infeksi dan apabila hewan tersebut sudah terpapar virus ebola maka kita harus membunuh dan membuang hewan tersebut. Menggunakan pelindung ketika mengolah daging dan memasak daging dengan sampai benar-benar matang mungkin berguna untuk penyebaran virus ebola. Selain Itu, para petugas medis yang merawat penderita ebola perlu meningkatkan kewaspadaan dalam hal penyebaran virus dengan cara memaksimalkan perlindungan yang digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab penyakit ebola pada manusia dan cara mencegah penyakit ebola. Semoga bermanfaat… 🙂


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!