Penyebab Penyakit Asma

Penyebab Penyakit Asma

Apa sih penyebab penyakit asma? Jika anda, atau salah satu anggota keluarga anda baru saja didiagnosis mengidap asma, anda tidak sendirian. Asma merupakan salah satu penyakit kronis (jangka panjang) yang paling umum, dan menyerang 100-500 juta orang di seluruh dunia. Asma bisa terjadi pada orang di segala usia. Walaupun pada sebagian besar orang asma timbul sejak masa kanak-kanak, gejala asma dapat muncul kapan pun dalam kehidupannya. Pada kesempatan ini kita tidak akan membahas tentang gejala-gejala asma tetapi kita akan membahas tentang penyebab penyakit asma. Lalu apa saja penyebab penyakit asma?

Apa itu asma? Asma adalah kondisi jangka panjang yang mempengaruhi saluran nafas-saluran kecil yang mengalirkan udara masuk ke dan keluar dari paru-paru. Jika anda mengidap asma saluran nafas anda mengalami peradangan dan menyempit, dan anda mengalami kesulitan dalam bernafas. Pada asma, saluran nafas menjadi sempit dan hal ini membuat sulit bernafas. Terjadi beberapa perubahan pada saluran nafas penyandang asma, tetapi semuanya dapat dipulihkan ke kondisi semula dengan terapi yang tepat dan tentu saja kita harus mengetahui apa penyebab penyakit asma terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa penyebab penyakit asma:

Faktor Keturunan

Asma dapat diwariskan atau diturunkan dari satu anggota keluarga ke anggota keluarga berikutnya. Jika salah satu orang tua mengidap asma, peluang berkembangnya asma pada anak-anaknya sekitar dua kali dibandingkan anak-anak yang orangtuanya tidak menyandang asma.

Riwayat Alergi

Asma cenderung terjadi dalam keluarga yang mempunyai riwayat alergi. Oleh karena itu, jika ada anggota keluarga anda yang mengidap asma atau alergi lainnya seperti eksim, hay fever (runitis alergi) maka anda memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk menyandang asma.

Polusi Udara

Walaupun polusi udara di lingkungan sekitar kita yang disebabkan oleh kendaraan bermotor, pabrik dan stasiun pembangkit daya dapat membuat asma memburuk, belum bisa dibuktikan bahwa hal tersebut benar-benar menyebabkan asma. Tetapi asma meningkat lebih cepat daripada yang dapat dijelaskan dari sisi pewarisan genetik. Kemungkinannya, peningkatan asma yang cukup tinggi dalam tahun-tahun terakhir ini dikaitkan dengan perubahan lingkungan di sekitar kita. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan yang banyak terjadi polusi udara seperti di kota-kota besar, kawasan industri, dan tempat-tempat lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab penyakit asma. Semoga bermanfaat…. 🙂

Baca Juga : Asap Dan Kabut Pembawa PolutanManfaat Telur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini, Makanan Dan Minuman Sehat Untuk Ibu Menyusui, Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Secara Alami, Makanan Sehat Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!