Penyebab Penyakit Asam Urat Pada Wanita

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Lebih baik menghindari terserang suatu penyakit daripada mengalaminya lalu baru mengobati. Salah satu cara yang efektif untuk pencegahan terserangnya penyakit asam urat adalah dengan mengetahui penyebab terjadinya penyakit asam urat. Dengan mengetahui penyebab penyakit asam urat, berarti kita telah memegang sebuah peta yang memberitahu arah mana yang harus dituju dan arah mana yang harus dihindari. Selain itu juga dengan mengetahui penyebab penyakit asam urat pada wanita dan pria, memungkinkan kita untuk menghindari penyakit sendi yang menyiksa ini.

Penyakit asam urat muncul sebagai akibat dari menetapnya kondisi hiperurisemia, yaitu peningkatan kadar asam urat dalam darah yang berada diatas batas normal. Pada kondisi hiperurisemia, asam urat akan merembes masuk ke organ-organ dan dapat tertimbun di mana saja. Timbunan kristal asam urat biasanya terjadi di sendi dan jaringan sekitarnya. Selain itu, bisa juga di ginjal dan saluran kencing, jantung, telinga, bahkan kelopak mata. Timbunan asam urat di sendi mengakibatkan penyakit asam urat. Timbunan asam urat di ginjal dan saluran kencing akan menyebabkan penyakit ginjal yang bisa berkembang menjadi gagal ginjal. Sedangkan timbunan asam urat di jantung akan menimbulkan penyakit jantung.


Obat Herbal Asam Urat

 

Secara garis besar, penyebab penyakit asam urat pada wanita dan pria disebabkan oleh faktor primer dan faktor sekunder. Faktor primer 99%-nya belum diketahui (idiopatik). Namun, diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetik dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan peningkatan produksi asam urat atau bisa juga disebabkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh. Faktor sekunder, meliputi peningkatan produksi asam urat, terganggunya proses pembuangan asam urat, dan kombinasi kedua penyebab tersebut.

Produksi asam urat bisa meningkat karena asupan dari makanan mengandung purin yang berlebihan. Makanan-makanan tersebut, diantaranya daging, jeroan, dan seafood. Faktor dari dalam tubuh juga berpengaruh terhadap meningkatnya kadar asam urat, yaitu adanya suatu penyakit tertentu yang menyebabkan peningkatan proses penghancuran DNA tubuh. Hal ini terjadi karena adanya penyakit-penyakit seperti kanker darah (leukimia), pengobatan kanker (kemoterapi), dan kerusakan otot. Kanker limfoma dan kanker darah adalah dua jenis kanker yang bisa menjadi penyebab asam urat. Selain kanker, gagal jantung juga berpotensi menyebabkan asam urat.

Meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh bisa terjadi karena proses pembuangan asam urat terhambat. Hal ini terjadi karena ginjal mengalami gangguan fungsi. Ginjal tidak rusak, tetapi kemampuannya membuang asam urat berkurang. Hal ini terjadi karena faktor keturunan. Oleh sebab itu, apabila ada gangguan fungsi ginjal, maka kadar asam urat dalam darah akan meningkat. Selain dibuang ginjal (70%) dalam bentuk urine, asam urat yang berasal dari makanan dan metabolisme tubuh ini dikeluarkan juga melalui usus (30%). Jika kadar asam urat berlebihan dan kerja ginjal menjadi lebih berat, asam urat yang seharusnya dibuang justru mengendap di dalam tubuh, terbawa oleh darah, dan mengendap di persendian. Inilah yang menjadi penyebab penyakit asam urat pada wanita dan pria.


programdetoksifikasi

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!