Penyebab Mata Bengkak Setelah Bangun Tidur

Apakah anda pernah mengalami mata agak bengkak saat bangun tidur? padahal di malam sebelumya, anda sama sekali tidak menangis. Atau pernahkah anda mengalami mata tampak sembab padahal anda sudah cukup tidur?. Jika anda mengalami hal tersebut, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Mengapa? karena pada umumnya, penyebab mata sembab atau bengkak adalah karena adanya edema atau retensi cairan ringan yang masih dapat dikategorikan tidak berbahaya alias normal. Tapi jika mata bengkak terjadi tiba-tiba seperti saat bangun tidur, hal ini bisa berkaitan dengan kondisi kesehatan anda. Berikut ini adalah beberapa penyebab mata bengkak setelah bangun tidur yang berkaitan dengan kondisi kesehatan seseorang.

Ginjal Tidak Berfungsi Dengan Baik

Dikutip dari Medical News Today, mata bengkak atau sembab ketika bangun di pagi hari bisa menjadi gejala penyakit ginjal. Mengapa? karena saat ginjal tidak mampu menghilangkan kandungan sodium dalam darah dengan baik, saat itulah edema akan terjadi dan mengakibatkan mata sembab. Seperti yang kita ketahui, edema bisa terjadi akibat tubuh kebanyakan sodium. Artinya, kinerja ginjal sudah mulai menurun dan anda harus waspada. Tapi selain itu, tanda penyakit ginjal kronis lainnya adalah sakit saat buang air kecil, sakit punggung, kulit terasa gatal dan kering, kurang nafsu makan, bengkak pada area kaki dan pergelangan kaki, muntah-muntah, letih, lesu dan mual.


Masker Mata

 

Kekurangan Protein

Penyebab mata bengkak setelah bangun tidur selanjutnya adalah karena tubuh kekurangan protein. Menurut Harvard Medical School, pembengkakan yang terjadi pada tubuh bisa disebabkan karena adanya penyakit hati, ginjal, dan malnutrisi. Pembengkakan yang terjadi pada kelopak mata saat bangun tidur terjadi karena kurangnya kandungan albumin pada tubuh kita. Sebagai info, fungsi albumin adalah untuk mengatasi cairan berlebih pada tubuh.

Konsumsi Karbohidrat Berlebihan

Jika saat bangun pagi tiba-tiba mata anda sembab, cobalah ingat-ingat apakah sebelumnya anda terlalu banyak konsumsi karbohidrat?. Karena menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health, ditemukan fakta bahwa retensi sodium dan sekresi insulin berlebihan dapat terjadi jika anda mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Retensi sodium mengakibatkan penumpukan cairan dalam tubuh.

Konsumsi Garam Berlebihan

Dikutip dari Medical News Today, penyebab mata bengkak setelah bangun tidur berikutnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam. Saat tubuh kelebihan garam dan kekurangan cairan, maka tubuh akan bereaksi agar tidak terjadi dehidrasi, efeknya adalah kelopak mata tiba-tiba menjadi sembab saat bangun tidur. Maka dari itu  hindarilah makanan dan minuman olahan yang umumnya banyak mengandung sodium dan garam yang tinggi. Selain itu, imbangilah dengan banyak minum air putih.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mata bengkak setelah bangun tidur di pagi hari. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!