Penyebab Leher Kaku Dan Tegang

Umumnya, leher kaku dan tegang yang disertai rasa sakit pada leher bagian belakang bisa dialami oleh semua orang. Tetapi yang paling sering mengalami masalah tersebut adalah pekerja kantoran, yaitu orang yang sehari-harinya bekerja di kantor. Biasanya, meskipun tidak diobati masalah ini akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Untuk beberapa orang, leher kaku dan tegang merupakan keadaan yang tidak berbahaya dan merupakan hal yang wajar. Meskipun begitu, anda tetap harus waspada karena menurut healthline.com, leher kaku dan tegang yang disertai rasa sakit bisa jadi merupakan tanda penyakit berbahaya seperti darah tinggi, kanker dan HIV/AIDS. Sedangkan penyebabnya ada banyak faktor. Berikut ini adalah beberapa penyebab leher kaku dan tegang yang biasa dialami oleh pekerja kantoran.

Stres Atau Beban Pikiran

Stres atau beban pikiran yang terlalu berat merupakan penyebab utama dari leher kaku, tegang dan bahkan disertai rasa sakit di bagian belakang. Hal ini berdasarkan dari beberapa pakar kesehatan yang mengatakan bahwa beban psikologis menjadi penyebab utama leher kaku dan tegang serta beberapa masalah leher lainnya. Saat seseorang mengalami stres berat, sering kali membuat leher menjadi kaku dan tegang. Jika anda ingin terhindar dari masalah leher kaku dan tegang, usahakan agar tidak stres atau terlalu banyak pikiran yang dimana masalah ini sering dialami oleh pekerja kantoran.

Kelelahan

Penyebab leher kaku dan tegang berikutnya adalah kelelahan. Terlalu lelah diyakini dapat membuat seseorang lebih beresiko mengalami leher kaku, tegang disertai rasa sakit dibagian belakang. Otot-otot tubuh akan menjadi tegang jika anda melakukan aktivitas yang berat. Saat otot tubuh tegang, maka ini juga akan mempengaruhi otot leher menjadi kaku dan tegang. Jadi jika anda bekerja di kantor, usahakan dapat mengatur waktu dengan baik. Bekerja selama 8 jam dalam sehari sudah cukup.

Posisi Tidur Yang Tidak Tepat

Posisi tidur yang tidak tepat merupakan penyebab leher kaku dan tegang berikutnya. Orang-orang mungkin lebih kenal dengan istilah “salah bantal” daripada posisi tidur yang tidak tepat. Dari sekian kasus yang ada, banyak yang mengeluh sakit leher ketika bangun tidur. Gunakanlah bantal yang nyaman untuk mengatasi hal tersebut. Selain itu, usahakan juga tidur dengan posisi yang nyaman (baca juga : Posisi Tidur Yang Berkualitas). Atau anda bisa memijat lembut leher anda jika anda mengalami sakit leher ketika bangun tidur. Dan jangan lupa istirahat yang cukup.

Jarang Bergerak

Banyak yang mendefinisikan orang kantoran yaitu orang yang sehari-harinya bekerja di kantor dengan menatap layar komputer di meja kerja. Dengan kondisi kerja seperti ini, pasti anda tidak akan banyak bergerak sehingga leher anda menjadi kaku dan tegang. Hal ini juga diperjelas oleh para ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa tubuh akan mudah sakit, mudah lelah dan leher menjadi kaku dan tegang jika anda jarang bergerak. Jadi usahakan untuk selalu cukup bergerak serta cukup olahraga  setiap hari.

Darah Tinggi Dan Kolesterol Tinggi

Penyebab leher kaku dan tegang berikutnya adalah darah tinggi dan kolesterol tinggi. Jika anda menderita darah tinggi ataupun kolesterol tinggi, maka kemungkinan juga anda beresiko mengalami laher kaku serta sakit di bagian belakang. Tidak hanya itu saja, rasa sakit akan menyebar pada bagian pundak. Segeralah periksakan kondisi kesehatan anda jika anda mengalami hal tersebut.

Rasa Lapar Berlebih

Mungkin anda tidak mengira bahwa kelaparan bisa menyebabkan leher kaku dan tegang. Tapi faktanya, pada beberapa kasus leher kaku dan tegang terjadi akibat rasa lapar berlebih atau kelaparan.

Itulah beberapa penyebab leher kaku dan tegang yang juga disertai rasa sakit. Jika anda bekerja di kantor, untuk mencegahnya gunakanlah bantal leher anti kaku dan tegang serta sakit. Sedangkan untuk mengatasi leher kaku, disarankan melakukan terapi leher kaku, melakukan suntikan steroid dan mengkonsumsi obat leher kaku. Tapi sebelum itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!