Penyebab Dan Gejala Flu

Penyebab Dan Gejala Flu

Apa itu flu? Dan apa penyebab dan gejala flu? Flu merupakan kependekan dari influenza. Seringkali masyarakat salah mendiagnosis antara penyakit influenza dan common cold. Tetapi pada kenyataannya kedua penyakit ini memang mempunyai kemiripan tetapi berbeda penyebabnya. Jika common cold disebabkan oleh beberapa virus seperti Rhinoviroses, Coronaviruses, Respiratory syncytial virus, dll. Penyakit flu disebabkan oleh virus influenza yaitu virus influenza A dan B yang dapat menyebabkan flu musiman setiap tahunnya. Cara penularan antara penyakit common cold dan penyakit flu memiliki kesamaan yaitu melalui udara dari manusia ke manusia. Hanya saja flu atau influenza dapat ditularkan juga dari hewan ke manusia.

Jika dibandingkan dengan common cold, gejala yang muncul pada influenza lebih berat. Contohnya adalah seperti demam, nyeri otot, nyeri sendi dan batuk kering. Dan biasanya gejala ini lebih sering timbul pada penderita flu, dan lebih berat atau lebih parah. Pada umumnya, gejala flu ini timbul setelah 1-4 hari terinfeksi. Pada penderita flu, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi atau masalah yang serius seperti pneumonia atau kondisi yang mengharuskan si penderita di rawat di rumah sakit.

Pengobatan flu dilakukan dengan menggunakan obat anti virus yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kesakitan dan juga meredakan gejala yang timbul. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mencegah komplikasi yang timbul seperti pneumonia. Tamiflu (oseltamivir), dan Relenza (zanamivir) merupakan obat anti virus yang direkomendasikan oleh CDC yang merupakan badan pengendali penyakit di Amerika.

Untuk mencegah penyakit influenza agar tidak menyerang anda dan keluarga anda adalah dengan cara menjaga daya tahan tubuh dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, Pemberian vaksin influenza pada orang-orang yang memiliki resiko komplikasi akibat penyakit flu, Menjaga kebersihan dengan mencuci kedua tangan sebelum makan, Menghindari kontak dengan penderita flu agar tidak tertular atau menggunakan masker apabila terjadi wabah flu, dan Tidak berbagi alat makan yang sama dengan penderita flu.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab dan gejala flu. Semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga : Common Cold Adalah, Cara Mendeteksi Penyakit Meningitis Sejak Dini, Bahaya Mandi Malam Dengan Air Dingin, Cara Aman Mengkonsumsi Obat Warung, Cara Sederhana Untuk Menyembuhkan Pilek, Gejala Pneumonia Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!