Penularan Penyakit Dari Hewan Peliharaan

Penularan Penyakit Dari Hewan Peliharaan

Memelihara binatang peliharaan menjadi kesenangan sebagian besar orang. Hewan peliharaan dijadikan sebagai teman, bahkan dianggap sebagai salah satu anggota keluarga dan tidak jarang mereka berbagi tempat tidur dengan hewan peliharaan karena untuk menunjukan kasih sayang terhadap binatang peliharaannya. Tapi tahukah anda tentang penularan penyakit dari hewan peliharaan? ya, binatang yang anda sayangi tersebut beresiko menularkan penyakit pada anda dan anggota keluarga anda. Salah satunya adalah penyakit kulit yaitu kudis. Apa itu kudis? dan bagaimanakah penularannya?

Penyakit kudis bisa ditularkan oleh hewan berbulu terutama kucing, anjing bahkan kambing. Pada binatang peliharaan biasanya terdapat kutu, tungau bahkan jamur dan beresiko menular. Kutu, tungau bisa menular dari hewan ke hewan juga dari hewan ke manusia. Sedangkan proses kutu atau tungau masuk kedalam kulit yaitu dengan cara merobek selaput kulit terluar kemudian tungau atau kutu masuk kedalam lapisan kulit terluar. Tungau betina yang sudah kawin lalu meninggalkan telur dan telur tersebut akan menetas dan mengulangi proses yang tadi sudah dijelaskan. Kudis terlihat sebagai bintik merah, bekas garukan yang biasanya terasa gatal di kulit. Gatal akibat kudis jika digaruk akan membuat luka dan infeksi.

Sedangkan untuk pengobatan terhadap tungau menggunakan permetrin yang dioleskan ke seluruh bagian tubuh. Ada juga bahan alami untuk mengatasi kudis tersebut yaitu dengan :

  1. Batang daun kelor. Caranya potong-potong daun kelor lalu diblender hingga cair seperti jus kemudian campurkan dengan 2 sendok minyak wijen. Oleskan pada kulit setiap malam sampai kondisi membaik.
  2. Lengkuas. Caranya dengan menumbuk atau mencacah lengkuas hingga halus kemudian balurkan lengkuas yang sudah ditumbuk halus pada kulit.

Demikian info tentang penularan penyakit dari hewan peliharaan dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!