Pengaruh Kerja Lembur Terhadap Kesehatan

Apakah anda suka menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam? biasanya, bekerja dijalankan selama 8 jam, tetapi banyak juga yang sering lembur atau overtime demi menyelesaikan pekerjaan. Untuk memenuhi kebutuhan finansial atau meningkatkan prestasi, bekerja keras sampai lembur memang sah-sah saja. Selain itu, di era modern dan zaman serba canggih ini, kerja lembur memang dinilai hal yang biasa. Tetapi ingat, anda jangan sampai lupa waktu dan mengabaikan kesehatan. Karena sebetulnya kerja lembur mempunyai banyak sekali dampak negatif terhadap kesehatan tubuh dan jiwa. Dikutip dari sheknows.com, berikut ini adalah beberapa pengaruh kerja lembur terhadap kesehatan.

  • Seseorang yang bekerja lebih dari 10 jam dalam satu hari mempunyai resiko sebanyak 60% lebih besar menderita penyakit jantung. Kerja lembur mengakibatkan kondisi fisik menurun, mudah sakit dan kelelahan fisik. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan semua bagian tubuh terutama jantung.
  • Pengaruh kerja lembur terhadap kesehatan yang berikutnya adalah dapat meningkatkan resiko stres. Perlu anda ingat bahwa tingkat stres yang tinggi dapat memicu penyakit kanker. Terutama bagi anda yang wanita, tingkat stres yang tinggi bisa menyebabkan kanker payudara.
  • Ya, tidak salah lagi, lembur sering menyebabkan seseorang kurang tidur. Dan hal ini bisa berpengaruh terhadap kondisi kejiwaan seseorang. Karena seseorang yang kurang tidur akan sering gugup, tidak sabaran, mudah frustasi dan emosinya sulit dikendalikan.
  • Ternyata selain berpengaruh terhadap kesehatan, lembur juga bisa mempengaruhi kualitas kerja. Ya, lelah yang berlebihan meningkatkan resiko hasil kerja tidak maksimal. Bukan hanya itu saja, biasanya lembur akan membuat anda terlalu serius dan kurang bahagia.

Itulah tadi beberapa pengaruh kerja lembur terhadap kesehatan. So, usahakan anda selalu mempunyai waktu yang cukup untuk refreshing dan berisitirahat. Atau jika anda memang diharuskan kerja lembur, luangkanlah waktu beberapa menit untuk menyegarkan pikiran dan mengisi kembali tenaga dengan cara memejamkan mata dan berbaring sejenak. Sekian dan semoga bermanfaat.


Pengaruh Kerja Lembur Terhadap Kesehatan

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!