Osteoarthritis adalah

Apa itu osteoarthritis? Osteoarthritis adalah radang persendian yang diakibatkan karena menipisnya serta kerusakan tulang rawan. Sendi tersusun oleh dua ujung tulang yang terhalangi tulang rawan dan ligamen otot yang menahan kedua tulang tetap menyatu. Tulang rawan adalah zat protein yang memungkinkan tulang meluncur di atas satu sama lain dan bertindak sebagai ‘bantalan peredam kejut’. Ketika tulang rawan menipis atau rusak, tulang-tulang akan saling bergesekan tanpa bantalan. Hal ini akan merusak sendi. Osteoarthritis dapat memengaruhi semua sendi di tubuh, tetapi paling sering pada persendian di pinggul, lutut, tangan, kaki, dan tulang belakang.

Osteoarthritis adalah jenis arthritis yang paling umum. Sekitar satu dari tiga orang berusia lebih dari 60 tahun memiliki osteoarthritis. Di atas 70 tahun, hampir seluruh masyarakat mempunyai beberapa tingkatan kondisi osteoarthritis (meskipun memang sangat ringan, sehingga gejala tidak nampak sama sekali). Laki-laki lebih sering terserang osteoarthritis sebelum usianya 45 tahun. Sedangkan wanita lebih sering terserang osteoarthritis setelah usianya 45 tahun.

Gejala-gejala osteoarthritis berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang hanya merasakan sakit ringan dan kekakuan, sedangkan orang lain gejalanya parah dan melumpuhkan. Berikut ini adalah beberapa gejala osteoarthritis.

  1. Nyeri. Ini adalah gejala awal dan biasanya diperparah oleh penggunaan sendi dan akan berkurang dengan istirahat.
  2. Kekakuan sendi sementara setelah masa istirahat (seperti bangun tidur di pagi hari atau setelah duduk dalam waktu lama). Kekakuan cenderung menghilang setelah menggunakan persendian selama 5-15 menit.
  3. pembengkakan dan kemerahan pada persendian.
  4. Melemahnya otot-otot pada daerah persendian yang terserang. Dan terkadang memunculkan perasaan ketidakstabilan sendi.
  5. Berkurangnya fleksibilitas dan mobilitas sendi.
  6. Saat menggerakkan sendi, akan timbul suara berderak.

Sebagian besar kasus osteoarthritis tidak diketahui penyebabnya. Kondisi ini disebut osteoarthritis primer. Ketika penyebab osteoarthritis diketahui, kondisi ini disebut osteoarthritis sekunder. Kondisi yang dapat menyebabkan osteoarthritis sekunder, yaitu sendi abnormal sejak lahir (kelainan bawaan), diabetes, dan gangguan hormon lainnya, asam urat, obesitas, trauma berulang atau pembedahan struktur sendi.

Demikianlah pembahasan mengenai salah satu jenis penyakit rematik yaitu osteoarthritis. Terima kasih dan semoga bermanfaat… 🙂


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!