Organ Tubuh Yang Dapat Terserang Asam Urat

Penyakit asam urat adalah salah satu penyakit yang dialami oleh banyak masyarakat kita. Dan penyakit ini disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat atau kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak baik bagi tubuh. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Berdasarkan anatomi sistem gerak manusia, gangguan pada sendi tentu menyebabkan terganggunya kerja sistem gerak. Hal ini secara otomatis akan membatasi seseorang dalam beraktifitas. Organ tubuh yang dapat terserang asam urat dan organ-organ persendian yang sering menjadi target serangan penyakit asam urat adalah sebagai berikut:


Obat Herbal Asam Urat

 

  1. Ujung jari. Daerah dingin seperti ujung jari kaki dan tangan adalah tempat kristal asam urat mengendap.
  2. Ibu jari. Dikalkulasikan bahwa 90% serangan pertama asam urat terjadi pada ibu jari.
  3. Sendi lutut dan pergelangan kaki. Sendi lulut dan pergelangan kaki juga biasanya terkena asam urat.
  4. Siku-siku dan bahu.
  5. Pergelangan tangan.

Dalam proses terjadinya gerak, persendian merupakan hal yang memegang peranan penting dalam sistem gerak manusia. Persendian dapat dikelompokan menjadi 3 macam jika dilihat dari sifat gerakannya, yaitu :

  1.  Sendi mati, merupakan persendian yang tidak mempunyai celah sendi, jadi tidak akan mungkin terjadi pergerakan. Persendian antar tulang tengkorak merupakan contohnya.
  2. Sendi kaku, adalah persendian yang tersusun dari ujung-ujung tulang rawan, jadi masih bisa mungkin terjadi gerakan yang sifatnya kaku, persendian antara ruas-ruas tulang sebagai contohnya.
  3. Sendi gerak, merupakan persendian yang terdapat pada tulang satu dengan tulang lain yang tidak dihubungkan oleh jaringan, sehingga adanya gerakan yang bebas. Sendi gerak bisa dikelompokan menjadi beberapa macam yaitu sbb :
    1. Sendi engsel, merupakan persendian yang bisa digerakkan ke satu arah. Contohnya, persendian antara tulang paha dengan tulang betis dan persendian antara tulang lengan dengan tulang hasta.
    2. Sendi putar, yaitu persendian yang bisa dilakukan untuk gerakan memutar. Misalnya, persendian antara tulang atlas dengan tulang leher dan persendian antara tulang pengumpil dengan tulang hasta.
    3. Sendi peluru, yaitu persendian yang dapat digerakan ke segala arah. Contohnya, persendian antara gelang bahu dengan tulang lengan atas dan persendian antara gelang panggul dengan tulang paha.
    4. Sendi pelana, merupakan persendian yang bisa melakukan gerakan ke dua arah. Misalnya, persendian pada ibu jari tangan dan persendian antara tulang tapak tangan dengan tulang pergelangan tangan.

Selain organ-organ persendian, organ tubuh yang dapat terserang asam urat adalah:

  1. Daun telinga. Pada daun telinga biasanya asam urat mengendap dan membentuk benjolan putih seperti bentuk jerawat.
  2. Retina mata. Pada retina mata biasanya asam urat mengendap dan membuat mata menjadi terganggu (gangguan penglihatan).
  3. Saluran pencernaan. Pada saluran pencernaan biasanya asam urat mengendap di sela sela saluran pencernaan. Saluran cerna adalah penyebab utama dari asam urat karena saluran cerna adalah saluran yang mencerna makanan tinggi purin.
  4. Ginjal. Dapat dikatakan dua pertiga dari asam urat dibuang ginjal. Bila terjadi gangguan pada ginjal, tentu saja kristal asam urat akan mengendap pada ginjal dan berakibat terjadinya batu ginjal atau gangguan fungsi ginjal.
  5. Jantung. Pada jantung, kristal asam urat bisa mengendap dan mengakibatkan gangguan fungsi jantung.

Itulah beberapa organ tubuh yang dapat terserang asam urat. Sekian dan semoga bermanfat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!