Olahraga Untuk Menghilangkan Asam Urat

Olahraga apakah yang cocok untuk penderita asam urat? seperti kita tahu, penderita asam urat mengalami gangguan pada sendi. Sementara kegiatan olahraga adalah kegiatan fisik yang melibatkan fisik secara keseluruhan, termasuk persendian. Bukankah itu dapat menimbulkan dampak yang buruk? Pada prinsipnya, olahraga yang cocok untuk penderita asam urat adalah jenis olahraga yang tidak memforsir fisik secara berlebihan dan yang paling penting adalah tidak terlalu membebani daerah-daerah persendian. Sangat penting bagi penderita gangguan sendi untuk menghindari aktivitas yang ekstrim atau gerakan yang berlebihan. Hal yang harus dilakukan adalah gerakan secara lembut, seimbang dan beberapa gerakan yang tidak berlebihan sangat bermanfaat untuk menghilangkan asam urat? lantas, apa saja jenis olahraga untuk menghilangkan asam urat? berikut ini penjelasannya.

Jalan Cepat

Olahraga untuk menghilangkan asam urat yang pertama adalah jalan cepat. Bagi penderita gangguan persendian, olahraga jalan cepat sangat cocok. Hal ini karena olahraga jalan cepat dapat membantu mengurangi lemak otot di area dekat sendi sekaligus tidak memberatkan persendian. Lain ceritanya dengan berlari. Berlari relatif lebih banyak tekanan pada lutut dan jangka panjang tindakan ini cukup beresiko bagi orang yang menderita gangguan persendian, termasuk asam urat.


Obat Herbal Asam Urat

 

Olahraga jalan cepat juga banyak direkomendasikan para ahli kesehatan. Pasalnya, olahraga ini adalah latihan yang baik untuk meningkatkan fungsi kardiovaskular yang membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

Mulailah dengan berjalan dengan langkah kecil kemudian tambah kecepatan sedikit demi sedikit. Setelah anda merasa nyaman pada kecepatan tertentu, pertahankan kecepatan tersebut. Saat mencapai 100 langkah, beristirahatlah selama 1 menit dan lanjutkan berjalan kembali. Ulangi pola ini sebanyak 12 kali. Pilihlah jalan yang menjadi rute olahraga, datar saja agar kecepatan bisa stabil.

Senam Ringan

Olahraga untuk pendeita asam urat yang berikutnya adalah senam. Senam merupakan aktivitas olahraga yang sangat mungkin dilakukan oleh pendeita asam urat. Selain dapat membantu dalam bergerak dan proses pembakaran lemak, senam juga tidak akan terlalu memberatkan bagi penderita asam urat karena gerakannya yang tidak terlalu sulit. Terlebih lagi, senam merupakan olahraga yang murah, bahkan dapat dikatakan gratis.

Banyak model senam yang bisa anda pilih, tetapi pilihlah jenis senam yang disesuaikan dengan kondisi anda. Untuk penderita asam urat, pilihan senam yang cocok adalah jenis senam yang memiliki gerakan-gerakan sederhana. Hal ini untuk menghindari timbulnya resiko pada bagian persendian tubuh.

Menari

Selain efektif untuk membakar kalori, menari juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh, otot, dan sendi. Tarian merupakan serangkaian gerakan yang penuh kelembutan dan keseimbangan antara kelenturan dengan otot. Ini merupakan salah satu olahraga yang tidak akan memberatkan penderita nyeri sendi. Sama halnya dengan senam, pilihlah tarian yang sederhana daripada tarian yang memiliki variasi gerakan rumit. Hindari juga jenis tarian yang keras menghentak-hentak, seperti dance.

Bersepeda

Olahraga untuk menghilangkan asam urat berikutnya adalah bersepeda. Kenapa bersepeda baik untuk penderita gangguan sendi? karena saat bersepeda bagian-bagian persendian tidak mengalami penekanan yang memberatkan. Bersepeda juga cukup banyak membakar kalori dalam tubuh.

Karena bersepeda cukup menyenangkan sekaligus menyehatkan, dewasa ini banyak orang yang menyukainya. Hal ini disebabkan juga oleh kesadaran masyarakat terhadap polusi udara semakin besar, sehingga banyak orang yang memilih alternatif bersepeda untuk menggantikan fungsi kendaraan bermotor.

Berenang

Pada umumnya, penderita gangguan-gangguan sendi disarankan untuk membatasi aktivitas-aktivitas yang membebani persendian. Hal ini dilakukan agar tidak membahayakan persendian itu sendiri. Nah, berenang bisa menjadi solusi latihan sederhana untuk penderita gangguan persendian, termasuk asam urat atau gangguan sendi lainnya, seperti lupus dan arthritis rheumatoid.

Para pakar tulang dan persendian mengakui bahwa olahraga ini bisa sangat bermanfaat karena berada di dalam air dapat mengurangi rasa tegang pada sendi dan rasa tidak nyaman yang biasa dialami persendian. Selain itu, faktor pembebanan di dalam air akan menguatkan otot-otot dan ligamen yang memengaruhi sendi-sendi tubuh. Orang dengan gangguan persendian sangat cocok melakukannya sekaligus sebagai terapi persendian.

Itulah beberapa olahraga untuk menghilangkan asam urat. Sekian dan semoga bermanfaat.


Olahraga Untuk Menghilangkan Asam Urat

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!