Mengobati Asam Urat Dengan Tanaman Landep

Asam urat atau yang juga dikenal dengan sebutan gout atau pirai merupakan penyakit yang menyerang persendian. Biasanya penyakit ini ditandai dengan rasa sakit pada bagian sendi dan disertai bengkak serta warna kemerahan. Penyebab umum dari asam urat ialah tingginya kadar asam urat. Untuk mengobatai asam urat, ada berbagai cara dan diantaranya adalah pengobatan secara medis serta pengobatan secara tradisional atau secara alami menggunakan bahan herbal. Dan salah satu tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat adalah tanaman landep. Seperti apa cara mengobati asam urat dengan tanaman landep? berikut ini adalah penjelasannya.


Obat Herbal Asam Urat

 

Apa itu landep? Landep adalah tanaman yang berasal dari Afrika Selatan dan Asia Tropik. Di Indonesia ditemukan di daerah yang beriklim kering, tumbuh liar atau ditanam untuk pagar dari dataran rendah sampai 400 meter di atas permukaan laut. Tanaman landep memiliki beberapa nama daerah, dan diantaranya adalah landhep (madura), bunga landak (Sumatera), landep (Jawa), dan kembang landep (Sunda). Sedangkan di Inggris, dikenal dengan sebutan Percufine Flower. Karakteristik landep yaitu :

  • Daun bagian bawah bertangkai panjang.
  • Daun dibagian atas ranting bertangkai duduk atau agak pendek.
  • Pangkalnya runcing dan ujungnya seperti duri. Serta berbentuk jorong miring hingga bentuk sudip.
  • Daunnya mempunyai ukuran lebar 0,2 cm hingga 6,5 cm serta panjang 2 cm hingga 18 cm.

Akar landep mengandung polifenol, flavonoida, dan sapotonin. Sedangkan daun landep mengandung silikat, garam kalium, tanin, flavonoida, dan saponin. Efek dari tanaman landep adalah sebagai antipiretik.

Cara mengobati asam urat dengan tanaman landep cukuplah mudah. Anda hanya perlu memanfaatkan tanaman landep menjadi ramuan herbal sebagai obat asam urat. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu 1 genggam daun landep segar dan air kapur sirih secukupnya. Kemudian cuci daun landep sampai bersih lalu digiling halus. Setelah itu, tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk merata sampai menjadi seperti bubur kental. Setelah jadi, balurkan ramuan tersebut pada bagian sendi yang terasa sakit.

Itulah cara mengobati asam urat dengan tanaman landep. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!