Mengapa Nafsu Makan Meningkat Saat PMS?

Apakah anda sering merasa nafsu makan meningkat, ingin makan berbagai makanan dan selalu merasa lapar saat menjelang menstruasi? jika memang anda mengalami hal tersebut, sebaiknya anda tidak perlu panik dan khawatir. Karena sebenarnya, beberapa perubahan psikologi seperti meningkatknya nafsu makan adalah sesuatu yang wajar dan normal dialami oleh wanita saat PMS. Perubahan psikologi tersebut juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang akan memasuki periode menstruasi. Tetapi untuk menjawab pertanyaan mengapa nafsu makan meningkat saat PMS? yuk, kita simak penjelasan berikut ini yang dikutip dari dailymail.co.uk.

Mengapa nafsu makan meningkat saat PMS? penyebab nafsu makan meningkat saat PMS adalah karena adanya penurunan produksi hormon estrogen pada wanita sehingga akan mempengaruhi nafsu makan seseorang. Efeknya, nafsu makan akan meningkat dan perut sering merasa lapar.

Seorang penulis buku yang berjudul Answers to Appetite Control yaitu James Greenblatt, M.D menjelaskan bahwa nafsu makan perempuan akan meningkat dan selalu merasa lapar saat menjelang menstruasi. Selain itu, perempuan yang memasuki masa haid juga cenderung ingin mengkonsumsi berbagai makanan yang biasanya terasa gurih, segar dan manis. James Greenblatt juga menjelaskan bahwa saat hormon progesteron dan estrogen berada di level terbawah, akan berakibat pada meningkatnya nafsu makan dan selalu merasa lapar meskipun sudah cukup makan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal dengan judul Annals of Endocrinoloy menjelaskan bahwa seorang wanita cenderung ingin makan yang manis dan banyak mengandung kalori ketika menjelang menstruasi. Tidak hanya itu, menurunnya produksi hormon serotonin, progesteron dan estrogen ketika PMS akan mempengaruhi suasana hati seseorang yang meliputi kenyamanan dan ketenangan.

Seorang ahli gizi dari New York yaitu Limor Baum, mengatakan bahwa penyebab nafsu makan meningkat saat menstruasi adalah pengaruh dari berkurangnya hormon estrogen pada wanita. Tidak hanya nafsu makan yang meningkat, seorang wanita ketika memasuki masa haid auranya kurang menarik dan akanĀ  mengalami perubahan suasana hati seperti merasa gemuk dan merasa lelah.

Itulah penjelasan mengenai mengapa nafsu makan meningkat saat PMS. Untuk mengatasi nafsu makan yang meningkat saat menjelang menstruasi, para ahli kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan manis yang sehat seperti yoghurt, kacang-kacangan, roti gandum, buah dan ubi. Makanan-makanan tersebut banyak mengandung nutrisi, vitamin dan karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa takut berat badan bertambah. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!