Mendeteksi Kondisi Tubuh Melalui Lidah

Mendeteksi Kondisi Tubuh Melalui Lidah

Ada salah satu anggota tubuh kita yang terkadang sering disepelekan yaitu lidah. Selain sebagai indera pengecap, ternyata lidah juga mampu membantu untuk mendeteksi beberapa gangguan pada tubuh kita. Lidah bisa dijadikan acuan untuk mendeteksi penyakit organ tubuh manusia. lalu bagaimana cara mendeteksi kondisi tubuh melalui lidah?

Pemeriksaaan lidah adalah salah satu metode pengobatan tradisional dari china. Yang merupakan salah satu pendekatan dalam mendiagnosis salah satu penyakit. Lidah itu terbagi dalam beberapa area yang menggambarkan organ yang ada dalam tubuh manusia. Berikut penjelasannya :

  1.  Pada bagian ujung lidah menggambarkan organ jantung dan paru-paru.
  2.  Pada bagian tengah menggambarkan keadaan limpa dan lambung.
  3.  Pada pangkal atau akar lidah menggambarkan organ ginjal.
  4.  Pada bagian kiri dan kanan lidah menggambarkan keadaan hati dan kantung empedu.

Dengan mengetahui area-area tersebut kita dapat mendapatkan informasi kondisi organ tubuh melalui Otot, selaput dan warna pada lidah. Misalkan seseorang yang mempunyai kelainan pada jantung, warna lidahnya akan berbeda dengan lidah normal. Lidah yang normal yaitu yang berwarna merah muda dan satu warna. Maksudnya satu warna adalah tidak ada perbedaan warna antara bagian-bagian lidah. Selain itu juga, orang yang mempunyai kelainan pada jantung lidahnya akan terasa pahit. Sariawan pada lidah juga dapat menggambarkan keadaan penyakit organ dalam tubuh manusia.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat memeriksa lidah adalah:

  1.  Cahaya atau lampu penerangan yang cukup.
  2.  Kondisi lidah sehari-hari.
  3.  Makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Demikianlah cara mendeteksi kondisi tubuh melalui lidah. Semoga bermanfaat…. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!