Mencegah Dan Mengobati Hipertensi Secara Alami

Mencegah Dan Mengobati Hipertensi Secara Alami – Perlu diketahui bahwa kesehatan tubuh tidak lepas dari peranan mineral natrium dan kalium yang berfungsi menjaga keseimbangan tekanan darah tubuh. Kedua jenis mineral ini memiliki fungsi yang saling bertentangan, natrium berfungsi untuk menaikkan tekanan darah sedangkan kalium berfungsi menurunkan tekanan darah. Jadi, asupan antara natrium dan kalium harus seimbang agar kondisi tubuh tetap sehat. Nah, kebanyakan permasalahan terjadi karena asupan natrium yang terlalu tinggi dari kalium sehingga memicu timbulnya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini sering terjadi karena natrium memang banyak kita jumpai pada makanan yang paling disukai seperti daging, susu, makanan berpengawet, roti (mengandung soda kue), bahkan masakan sehari-hari. Sedangkan kalium banyak terdapat di sayur dan buah, salah satunya terdapat dalam air kelapa muda dan dapat mencegah dan mengobati hipertensi secara alami.

Melihat kandungannya, untuk menambah asupan kalium agar dapat seimbang dengan kadar natrium yang nantinya dapat membuat tekanan darah kita terjaga, salah satu solusinya adalah dengan air kelapa muda. Menurut Dr. Helmin Agustina Silalahi, penasihat medis kalbe farma, sebagaimana dikutip Kompas, mengatakan, “Dibandingkan dengan minuman isotonik atau energy drink, air kelapa lebih kaya akan kalium daripada sodium. Seperti diketahui, sodium harus dibatasi karena bisa menyebabkan hipertensi.” Kandungan kalium yang dimiliki oleh air kelapa muda adalah sebesar 290mg per 100ml. Jumlah tersebut termasuk tinggi sehingga dapat digunakan sebagai terapi pada pasien hipertensi untuk mengontrol tekanan darahnya agar tidak terlalu tinggi. Selain itu, menurutnya Organisasi Pangan Dunia (FAO) juga menyatakan air kelapa muda sebagai minuman energi alami. Kandungan fruktosa dan glukosanya juga bisa membuat tubuh berenergi kembali setelah seharian berpuasa, tanpa perlu khawatir gula darah naik.

Tidak hanya mencegah dan mengobati hipertensi secara alami, air kelapa muda jika diminum secara rutin juga dapat menurunkan resiko komplikasi pada penyakit jantung. Fakta ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. T. Rajamohan dan Dr. P. Anurag dari Universitas Kerala, India, Sebagaimana dilansir Time Of india. Penelitian lain juga telah membuktikan bahwa pasien yang mengalami hipertensi murni, tekanan darahnya dapat turun sekitar 10-20 mmHg dari tekanan darah pada pemeriksaan awal. Hal ini diketahui, setelah pasien tersebut mengikuti atau melaksanakan terapi air kelapa muda secara rutin, yaitu sebanyak 2 gelas setiap pagi dan sore hari.


programdetoksifikasi

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!