Memulihkan dan Meningkatkan Stamina Tubuh

Memulihkan Dan Meningkatkan Stamina Tubuh

Daya tahan tubuh seseorang terhadap berbagai hal berbeda-beda. Ada yang memiliki daya tahan tubuh prima dan ada pula tidak. Kita dapat membuat ilustrasi untuk mengetahui stamina atau daya tahan seseorang. Ambillah contoh saat kita berlari atau bermain sepakbola. Bila kita dapat berlari sejauh 100 meter atau 150 meter dan stamina kita masih kuat dan tidak mengalami kelelahan, maka stamina kita dapat dikatakan kuat. Sebaliknya jika mengalami kelelahan sebelum mencapai jarak 100 meter atau kelelahan usai menempuh jarak 100 atau 150 meter, maka kita memiliki stamina tubuh yang kurang.

Stamina Fit, Kerja Aktif

Stamina merupakan suatu kemampuan seseorang untuk aktif dalam menggerakkan anggota tubuhnya dalam beraktivitas. Stamina yang kuat dan fit sangat diperlukan dalam melakukan berbagai aktivitas harian. Sebaliknya stamina yang lemah dan tidak prima berdampak pada kinerja yang kurang optimal. Stamina dan kemampuan tenaga manusia dapat ditingkatkan dan dilatih dengan berbagai macam cara. Orang yang terbiasa mengangkat beban ekstra tentu staminanya juga kuat. Atau barangkali orang yang sehari-harinya aktif bekerja di kantoran, maka dapat dikatakan kondisi tubuhnya fit. Stamina sangat dibutuhkan bagi tubuh karena hal tersebut menunjukkan kebugaran dan kesehatan seseorang. Untuk memulihkan dan meningkatkan stamina tubuh, kita membutuhkan kiat-kiat tertentu.

Cara Meningkatkan Stamina Tubuh

Lalu bagaimana caranya meningkatkan stamina tubuh agar fit dalam beraktivitas baik ringan maupun aktivitas berat? Kita dapat melakukan cara berikut ini guna memulihkan dan meningkatkan stamina tubuh.

  • Pertama, melakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat membuat metabolisme dan kinerja tubuh berjalan maksimal serta membantu melancarkan peredaran darah. Efeknya tubuh menjadi sehat dan bugar. Stamina pun meningkat. Luangkan waktu untuk berolahraga pada pagi hari sebelum beraktivitas dan di sore hari. Minimal kita berolahraga dengan durasi 30 menit baik joging, bersepeda, olahraga kebugaran, berjalan atau berenang.
  • Kedua, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Kedua jenis makanan ini kaya akan kandungan protein, mineral, vitamin, zat besi dan zat lain yang sangat penting bagi stamina dan kesehatan tubuh. Selain mengkonsumsi nasi, ikan atau daging, buah dan sayur harus diutamakan dalam konsumsi sehari-hari.
  • Ketiga, bersitirahat cukup. Tubuh bukanlah mesin yang harus bekerja penuh setiap hari. Tubuh memiliki sistem kerja yang berbeda. Tubuh tidak bisa dipaksa bekerja tanpa istirahat atau jeda. Oleh karena itum istirahat yang cukup berguna untuk menghilangkan kelelahan, memulihkan kesegaran dan tenaga serta mengurangi stress.
  • Keempat, minum air putih yang banyak. Hindari mengkonsumsi alkohol atau pun merokok. Stamina tubuh akan terganggu jika kita minum alkohol atau merokok.
    Kelima, suplemen tubuh juga bisa gunakan untuk meningkatkan stamina. Tentu kita harus cermat dan teliti dalam memilih suplemen agar tidak menimbulkan efek yang berbahaya bagi tubuh maupun stamina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!